Senin, 20 Mei 2019 | 05:48 WIB
Bila ada pengusaha yang belum membayar THR sebelum hari raya nanti, jangan segan-segan untuk melaporkannya karena THR merupakan hak karyawan
Laporkan Bila Pengusaha Belum Bayar THR
Sabtu, 6 Agustus 2011 | 20:47 WIB
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar [foto-wordpress] -
Jakarta - Tunjangan hari raya atau biasa disebut THR akan jadi salah satu harapan yang ditunggu-tunggu para pekerja menjelang lebaran nanti. Oleh sebab itu, jika ada pengusaha yang belum membayar THR sebelum Hari Raya Idul Fitri nanti maka jangan segan-segan untuk melaporkannya.
   
Demikian yang dikatakan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar di terminal penumpang saat meninjau persiapan mudik di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Sabtu (6/8/2011).  Untuk itu, pihaknya juga sudah membuat surat edaran kepada sejumlah perusahaan agar THR bisa dibagikan sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Jika THR belum dibayar, silakan untuk melapor.

"Para perusahaan agar tidak langgar batas itu," tandas pria yang akrab disapa Cak Imin dengan yakin

Bahkan, tambah Cak Imin, kementeriannya pun sudah membuka posko pengaduan terkait THR yang belum dibayarkan. Jika ada perusahaan yang belum membayarkan hak karyawan tersebut maka bisa segera melaporkannya melalui posko tersebut.
 
Sementara bagi perusahaan yang mengalami kesulitan likuiditas, jelas Ketua Umum PKB berharap perwakilan perusahaannya bisa melaporkan sehingga hak karyawan berupa THR itu bisa ditunda sebelum hari raya.

Namun, tegas Cak Imin minta bukan berarti THR tidak dibayarkan melainkan ini sifatnya hanya penundaan saja. Karena, THR merupakan hak karyawan.    

"Nanti kita cari solusinya. Mekanismenya adalah penundaan, jadi kewajiban THR tetap harus dibayar," kata Cak Imin. (bus)