Senin, 9 Desember 2019 | 20:22 WIB
Nazaruddin dan Gayus Dapat Remisi Idul Fitri
Jumat, 17 Juli 2015 | 00:24 WIB
Muhammad Nazaddin -

Skalanews - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin mendapat remisi khusus Idul Fitri 1436 Hijriah. Terpidana kasus suap Wisma Atlet SEA Games di Palembang itu mendapat potongan masa tahanan selama satu bulan.

Selain itu, terpidana kasus mafia pajak Gayus Halomoan Partahanan Tambunan memperoleh remisi selama 1 bulan 15 hari.

"Ada sejumlah narapidana Tipikor (tindak pidana korupsi) di Lapas Sukamiskin yang meraih remisi Lebaran 2015, salah satunya Pak Nazaruddin. Dia mendapatkan remisi satu bulan," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Agus Toyib di Bandung, Kamis (16/7).

Nazar yang menghuni Lembaga Pemasyaratan (Lapas) Kelas 1 A Sukamiskin, Bandung, sedang menjalani hukuman penjara 4 tahun 10 bulan.

Sedangkan, terpidana perkara korupsi proyek pembangunan Wisma Atlet Hambalang, Anas Urbaningrum, tidak memperoleh remisi. Dirinya diketahui, baru satu bulan menjalani masa penahan.

"Untuk Anas Urbaningrum belum dapat remisi karena dia belum bayar pidana denda dan uang pengganti sehingga belum bisa memperoleh remisi," kata Agus.

Agus mengatakan untuk Lebaran tahun 2015 ini, sebanyak 9.752 narapidana di Provinsi Jawa Barat yang terlibat perkara hukum jenis pidana umum dan khusus mendapatkan pengurangan hukuman (remisi) dari pemerintah. Jumlah tahanan dan napi di Jabar sebanyak 18.996 orang, dengan rincian 14.444 narapidana dan 4.552 tahanan yang menjalani proses hukum.

Menurut Agus, sebagian besar remisi Lebaran kali ini berupa remisi khusus kategori I, yang diberikan kepada napi yang masih menjalani hukuman setelah mendapat remisi tersebut. Ada 205 napi yang mendapat remisi khusus kategori II, yang langsung bebas setelah mendapat remisi karena masa hukumannya telah habis. (Bisma Rizal/bus)