Selasa, 25 Juni 2019 | 08:38 WIB
BPK akan mewaspadai secara ketat belanja anggaran di kementerian/lembaga yang disinyalir akan menggenjot penyerapan anggaran di akhir tahun.
BPK Antisipasi Pembengkakan Anggaran di Akhir Tahun
Selasa, 4 Oktober 2011 | 21:17 WIB
Wakil Ketua BPK Hasan Bisri -
Skalanews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan mengantisipasi ulah kementerian dan lembaga terkait penyerapan anggaran yang biasanya membengkak pada akhir tahun. Pasalnya, BPK melihat serapan anggaran di kementerian/lembaga hingga kuartal II-2011 masih sangat rendah.

"Serapan awal ini rendah, kami melihat pasti ada masalah sepertinya. Kita waspadai ke depan bagaimana misalnya sebuah kementerian/lembaga bisa mengeluarkan 40 persen dalam dua bulan terakhir. Dalam anggaran yang mereka miliki," ujar Wakil Ketua BPK Hasan Bisri, di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (4/10).

Dia menjelaskan, BPK akan mewaspadai secara ketat belanja anggaran di kementerian/lembaga yang disinyalir akan menggenjot penyerapan anggaran di akhir tahun. BPK sendiri, lanjutnya sudah memiliki data lembaga mana saja yang mempunyai kebiasaan seperti itu. "Penyerapan anggaran yang rendah di awal dan menggelembung di tengah pasti ada masalah. Bagi kami juga merupakan indikasi tersendiri di mana harus lebih waspada terhadap transaksi yang di akhir tahun," tegas Hasan.

Seperti diketahui, hingga akhir September 2011, penyerapan anggaran pemerintah baru mencapai 54,4 persen dari target Rp717,9 triliun. Ini membuat APBN-P 2011 masih mengalami surplus Rp72 triliun.[Wahyu Sabda Kuncahyo/Pay]