Selasa, 23 April 2019 | 13:20 WIB
Pihak Mabes Polri sudah meminta data-data dari Polda Papua dan juga dari PT Freeport terkait pemberian uang ini.
Mabes Polri Segera Bentuk Tim Khusus untuk Usut Dana US$14 Juta dari Freeport
Selasa, 1 November 2011 | 17:04 WIB
Uang setoran Freeport untuk aparat kepolisian dan TNI di pertanyakan -
Skalanews - Mabes Polri akan membentuk tim khusus guna mengusut ada tidaknya penyimpangan terkait pemberian dana US$ 14 Juta kepada anggota TNI/Polri oleh PT Freeport.

Hal tersebut seperti dikatakan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Saud Usman Nasution, di kantornya, Jl. Trunojoyo, Jakarta, Selasa (1/11).

"Polri ingin mengklarifikasi permasalahn ini, kita lihat datanya dulu dari pihak freeport setelah itu kita pelajari dan kita audit kita cek kepada petugas-petugas kita yang bersangkutan.  Setelah lengkap baru kita jelaskan kalau ada apenyimpangan kita minta pertanggungjawaban," bebernya.

Pihaknya juga sudah meminta data-data dari Polda Papua dan juga dari PT Freeport terkait pemberian uang ini, namun hingga detik ini data yang diminta belum juga sampai. Adapun data-data ini kemudian akan diteliti oleh tim khusus. Tim khusus ini sendiri dikatakan Saud akan segera dibuat.

"Itu (Tim khusus-red) akan segera dibentuk itu pasti," jelasnya.

Ketika disinggung terkait informasi yang ada disitus resmi PT Freeport, yang menyatakan bahwa benar perusahaan milik Amerika itu telah menggelontorkan US$14 Juta, Saud menilai informasi dari situs Freeport belum terbukti kebenaranya.

"Kalau disitus itu tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kita ini harus jelas surat resmi dari pada institusi yang bersangkutan dalam arti perusahaan yang bersangkutan," pungkasnya.  [Frida Astuti/Pay]