Sabtu, 18 Januari 2020 | 16:27 WIB
Politik
Kasus Bus TransJakarta, Kepala Inspektorat Prov DKI Dipanggil Jaksa
Kamis, 10 April 2014 | 12:19 WIB
ilustrasi - [ist]

Skalanews - Kepala Inspektorat Provinsi DKI Franky Mangatas Panjaitan hari ini rencananya diperiksa oleh penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi atas kasus mark up pengadaan Bus TransJakarta dan peremajaan angkutan umum reguler pada Dinas Perhubungan DKI Jakarta Tahun Anggaran 2013.

"Dua saksi, Franky Mangatas Panjaitan selaku Kepala Inspektorat Provinsi DKI Jakarta," kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Setia Untung Arimuladi melalui pesannya, Kamis (10/4).

Saksi kedua yang dipanggil penyidik yakni, Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Prawoto.

Dalam kasus ini dua pejabat Dishub yakni Drajat Adhyaksa dan Setyo Tuhu telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik gedung bundar atas kasus ini.

Tersangka Drajat merupakan Pejabat Pembuat Komitmen dalam pengadaan bus Peremajaan Angkutan Umum Reguler dan Kegiatan Pengadaan Armada Bus Busway.

Sedangkan Setyo adalah Ketua Panitia pengadaan Barang/Jasa Bidang Pekerjaan Konstruksi 1 Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Penyidik menemukan adanya penyalahgunaan dalam kegiatan pengadaan armada bus busway senilai Rp1 triliun, dan pengadaan bus untuk peremajaan angkutan umum reguler senilai Rp500 miliar oleh Dishub DKI Jakarta Tahun Anggaran 2013. (Frida Astuti/day)