Kamis, 25 April 2019 | 01:04 WIB
Politik
Sebut Hutan Dirusak Warga, Prabowo Dinilai Belum Mengerti Masalah
Senin, 7 Juli 2014 | 20:02 WIB
Prabowo Subianto -

Skalanews - Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto menilai Capres Prabowo Subianto belum mengerti benar persoalan kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia.

Pasalnya Prabowo menyebut kerusakan hutan terjadi karena masyarakat merambah hutan.

Hal ini diungkapkannnya dalam debat capres-cawapres putaran terakhir yang digelar Sabtu, (5/7) lalu terkait dengan tema, "Pangan, Energi, dan Lingkungan" Prabowo menyebut masyarakat sebagai perambah hutan.

"Prabowo bukannya melihat bagaimana kebijakan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang menjadi bagian dari koalisi Prabowo-Hatta diambil untuk meredam laju kerusakan hutan. Prabowo justru menyalahkan rakyat yang tinggal di pinggir-pinggir hutan," kata Hasto kepada wartawan, Jakarta, Senin (7/7)

Menurutnya, Prabowo harusnya memahami bahwa meningkatnya kerusakan hutan terjadi karena kebijakan yang salah. Bagi kubu Jokowi-JK, kebijakan moratorium hutan harus diambil. Hutan harus dipetakan, mana yang masuk dalam lindung, produksi dan hutan yang bisa dipakai untuk konversi.

"Tumpang tindih antara tambang dan hutan lindung menyebabkan lebih dari 70 persoalan konflik seperti yang terjadi di Kalimantan, terkait dengan pengelolaan hutan," cetus Wasekjen PDIP ini. (frida astuti/bus)