Sabtu, 18 Januari 2020 | 16:45 WIB
Politik
Ibas Minta Jokowi Tak Keluarkan Pernyataan Utang Negara ke IMF
Selasa, 28 April 2015 | 16:34 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) - [Deni Hardimansyah/skalanews]

Skalanews - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengeluarkan pernyataan terkait utang Indonesia ke International Monetary Fund (IMF) sebelum mendapatkan informasi yang akurat.

Hal itu disampaikan Ibas agar tidak ada kesan seolah-olah pemerintahan Jokowi terbebani utang IMF yang diwariskan pemerintah sebelumnya.

Justru, kata Ibas, pemerintah Jokowi perlu berterimakasih dengan pemerintahan Presiden SBY yang telah menyelesaikan utang Indonesia ke IMF.

"Saat SBY menjabat, ekonomi Indonesia tumbuh relatif tinggi, sektor riil bertumbuh, fiskal aman dan cadangan devisa kuat," kata Ibas dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (28/4).

"Polemik mengenai utang IMF sudah sangat jelas diselesaikan di era Presiden SBY pada tahun 2006 lalu, lebih cepat empat tahun dari jadwal pelunasan yang ditetapkan," ujar Ibas.

Pemerintah Jokowi-JK, lanjut Ibas, seharusnya tidak perlu khawatir terkait utang IMF. Sebab, beban utang IMF sebesar US$ 9,1 miliar atau sekitar Rp117 triliun tersebut sudah dilunasi Indonesia. [Deddi Bayu/Bus]