Rabu, 20 November 2019 | 04:06 WIB
Politik
Fadli Pesimistis Perombakan Kabinet Atasi Kondisi Kekinian
Rabu, 12 Agustus 2015 | 21:07 WIB
Fadli Zon -

Skalanews - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pesimistis perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo dapat mengatasi kondisi kekinian, seperti melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

"Menteri yang terkena perombakan kabinet banyak di posisi menteri koordinator dan tidak terlalu banyak bisa menolong apalagi situasi saat ini," katanya di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan nama-nama yang masuk dalam perombakan kabinet adalah orang yang cukup menjanjikan namun tidak terlalu banyak bisa menolong di tengah devaluasi mata uang yuan dan melemahnya nilai tukar rupiah.

Menurut dia, pemerintah tidak memiliki strategi dalam mengatasi masalah tersebut seperti yang disampaikan dirinya kepada Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

"Saya sampaikan kepada Presiden sebenarnya kita mengalami krisis namun pemerintah selalu menjanjikan optimisme dan bahkan Presiden menjanjikan pertumbuhan ekonomi akan meroket pada bulan September," ujarnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu berharap kondisi nasional lebih baik namun pemerintah harus realistis menghadapi situasi saat ini.

Sebelumnya Presiden Jokowi melakukan perombakan kabinet, antara lain mengangkat Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

Presiden mengangkat Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjojanto, mengangkat Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/ Kepala Bappenas menggantikan Andrianof Chaniago. Presiden Jokowi mengangkat Thomas T. Lembong menggantikan Rahmat Gobel.

Presiden mengangkat Luhut Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edi Purdijanto. Dan mengangkat Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. (ant/mar)