Sabtu, 16 November 2019 | 09:14 WIB
Politik
"Harapan ini kita percayakan sepenuhnya pada mekanisme politik di Partai Golongan Karya."
SOKSI Calonkan Ical Jadi Capres
Jumat, 20 Mei 2011 | 21:31 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie -
MEDAN - Salah satu ormas pendiri Partai Golkar, Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia  (SOKSI) mencalonkan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden pada Pemilu 2014 mendatang. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI Ade Komarudin sebagai sikap dari Rapimnas I SOKSI di Medan, Jumat (20/5).

"Harapan ini kita percayakan sepenuhnya pada mekanisme politik di Partai Golongan Karya," ujar nya. Berdasarkan keseluruhan sikap politik yang dihasilkan pada Rapimnas I SOKSI yang berlangsung 18-20 Mei 2011 itu, ia melanjutkan SOKSI berharap agar rekrutmen kepemimpinan nasional ke depan memilih pemimpin yang dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat.

"Untuk itu, atas nama keluarga besar SOKSI di seluruh Nusantara, Rapimnas berharap dan meminta kesediaan kader terbaik SOKSI yang juga Ketua Dewan Pembina SOKSI sekaligus Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie berkenan dicalonkan sebagai Presiden RI pada Pemilu 2014," katanya.

Menurut dia, penataan sistem politik dan ketatanegaraan tersebut meliputi revisi terhadap undang-undang (UU) bidang politik agar benar-benar berdasarkan konstitusi dan permanen, kemudian menyederhanakan sistem kepartaian dengan menaikkan ambang batas parlemen menjadi minimal 5 persen.

SOKSI juga mengusulkan sistem proporsional campuran dalam proses pencalegan, yakni 70 persen dipilih berdasarkan suara terbanyak dan 30 persen lainnya melalui daftar proporsional tertutup. "Daftar proporsional tertutup ini untuk menjamin kuota perempuan sekaligus mengakomodir tenaga profesional dan fungsionaris partai," pungkas Ade. [mad]