Sabtu, 19 Januari 2019 | 07:13 WIB
Politik
"Saya tidak tahu apakah langkah Idrus adalah respons dari ceramah saya di Bali bahwa parpol harus mengambil tanggung jawab terhadap persoalan di DPR. Tapi intinya kita harus berikan apresiasi kepada Pak Idrus."
Resmi Mundur dari DPR, Marzuki Ajak Tiru Langkah Idrus Marham
Kamis, 9 Juni 2011 | 22:03 WIB
Ketua DPR Marzuki Alie -
JAKARTA - Sikap Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham yang memilih mundur dari DPR guna berkonsentrasi di partai merupakan langkah yang baik. Tidak hanya itu juga, langkah tersebut juga layak ditiru oleh politikus lainnya.

"Saya tidak tahu apakah langkah Idrus adalah respons dari ceramah saya di Bali bahwa parpol harus mengambil tanggung jawab terhadap persoalan di DPR. Tapi intinya kita harus berikan apresiasi kepada Pak Idrus," kata Ketua DPR RI Marzuki Alie.

Hal itu disampaikan dia saat menerima surat pengunduran diri dan sekaligus pamitan Idrus di Gedung DPR/MPR di Senayan Jakarta, Kamis (9/6). Peran pimpinan DPR dalam membenahi mekanisme di parlemen, menurut dia, sangat membutuhkan dukungan parpol.

Bagi mantan Sekjen Partai Demokrat ini, langkah Idrus tersebut merupakan jawaban keinginan pimpinan DPR. Ia pun kembali menyinggung masalah muka baru anggota DPR yang mencapai 70 persen.

Karena sebelumnya, ia melanjutkan, masyarakat berharap kehadiran mereka membawa perubahan. Akan tetapi pada kenyataannya malah membawa masalah akibat sistem rekrutmen partai dan DPR. "Partai harus menyiapkan pengkaderannya. Kalau tidak disiapkan dengan baik, maka yang masuk ke Senayan itu akan menimbulkan masalah," bebernya.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham secara resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Ketua DPR, Marzuki Alie, sekaligus berpamitan untuk selanjutnya fokus pada tugas-tugasnya di partai. [mad]