Minggu, 18 Agustus 2019 | 13:53 WIB
Politik
"Dalam RUU Penyelenggara Pemilu, peran Bawaslu harus ekual, sama dengan KPU, sama-sama sebagai unsur penyelenggara pemilu,"
Kewenangan Bawaslu Bakal Sama Seperti KPU
Selasa, 14 Juni 2011 | 14:52 WIB
anggota Komisi II DPR RI Agun Gunanjar Sudarsa - golkar.go.id -
JAKARTA - Kewenangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan sama dengan yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU). Usulan itu disampaikan anggota Komisi II DPR RI Agun Gunanjar Sudarsa.

"Dalam RUU Penyelenggara Pemilu, peran Bawaslu harus ekual, sama dengan KPU, sama-sama sebagai unsur penyelenggara pemilu," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Bawaslu dan KPU di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (14/6).

Karena, jika melihat peran dan fungsi Bawaslu selama ini, politisi Golkar iini seperti tidak ada sama sekali. "Bawaslu pada pemilu sebelumnya hanya sebagai pelengkap penderita. Ditemukan adanya pelanggaran, Bawaslu hanya mencatat dan melaporkan ke KPU namun KPU tidak menindaklanjuti laporan Bawaslu tersebut. Pada Pemilu 2014, tidak akan terjadi lagi,"  tuturAgun.

Dalam RUU Penyelenggara Pemilu yang saat ini sedang dibahas di Badan Legislatif dan diharapkan selesai tahun ini, ia melanjutkan, Bawaslu juga diberikan kewenangan untuk melakukan penindakan.

"Bawaslu diperkuat dengan memberikan fungsi menindak. Contohnya, KPU buat kebijakan tapi di kacamata Bawaslu adalah salah maka dan KPU bisa dilaporkan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), begitu sebaliknya. DKPP bisa menghentikan KPU atau Bawaslu," beber Agun.

Dalam RUU Penyelenggara Pemilu ada tiga komponen sebagai penyelenggara pemilu, yaitu KPU, Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. [mad]