Rabu, 26 Februari 2020 | 19:21 WIB
Politik
Mahkamah partai berfungsi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di internal partai,"
PPP Diusulkan Bentuk Mahkamah Partai
Minggu, 3 Juli 2011 | 15:07 WIB
penapersatuan.wordpress.com -
BANDUNG - Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode lima tahun mendatang disarankan membentuk mahkamah partai. Usulan tersebut disampaikan Sekretaris Panitia Pengarah Muktamar VII PPP, Reni Marlinawati, Minggu (3/7), di Hotel Panghegar.

Menurut dia, mahkamah partai perlu dibentuk untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di internal partai. "Usulan pembentukan mahkamah partai serta perubahan struktur kepengurusan DPP PPP, akan dibahas di Komisi A perubahan AD/ART pada sidang paripurna," papar Reni.

Dia menambahkan, dari usulan panitia pengarah, mahkamah nantinya akan beranggotakan sembilan orang yang dinilai memiliki kompetensi untuk menyelesaikan persoalan internal partai secara bijaksana dan independen.

"Mereka yang tergabung dalam mahkamah partai tersebut berasal kiai, alim ulama, dan kader senior PPP.  Saya belum bisa menyebut namanya, tapi usulan dari Panitia Pengarah, dua dari sembilan anggota mahkamah partai adalah perempuan," jelas Reni.

Adanya perempuan dalam mahkamah, kata anggota Komisi IX DPR ini, merupakan bukti bahwa PPP merupakan partai politik yang komit terhadap keterwakilan perempuan, sesuai dengan UU No 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. (mad)