Senin, 22 April 2019 | 21:16 WIB
Politik
"Sebagian besar basis suara PKB akan ikut PKBN,"
Yenny Wahid Yakin Pemilih PKB Pindah ke PKBN
Rabu, 10 Agustus 2011 | 22:56 WIB
-
JAKARTA - Sebagai partai yang lahir dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU), tidak heran jika Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara (PKBN) mengharapakan dukungan penuh dari kaum nadliyin. Bahkan, yang terutama adalah sokongan partai yang pernah dibesarkannya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hal itu agar PKBN dapat berbicara banyak pada pemilu 2014 mendatang. "Sebagian besar basis suara PKB akan ikut PKBN," kata Ketua Umum Yenny Wahid optimistis saat peresmian kantor DPP PKBN di Jalan Pengadegan Timur Raya Nomor 16 Kalibata, Jakarta, Rabu (10/8).

PKBN, menurut puteri almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, adalah partai yang didirikan untuk meneruskan perjuangan Gus Dur. Karena itu, tak salah jika PKBN menargetkan tujuh persen suara pada pesta demokrasi mendatang.

Sebab, lanjut Yenny, PKB saat masih dipimpin Gus Dur mampu meraih 11 persen. Mengenai ambang batas parlemen alias parliamentary threshold, PKBN diakui dia tidak terlalu mengkhawatirkan besarannya nanti yang akan diputuskan DPR. "Kalau lima persen saja kami yakin bisa," kata Yenny menegaskan.

Dijelaskan dia, menghadapi pemilu 2014 mendatang, PKBN telah melakukan konsolidasi di seluruh Indonesia seara merata. "Terutama daerah-daerah yang kami anggap basis sudah siap," ujar Yenny.

Belum lagi, tutur dia, PKBN menggandeng tokoh-tokoh daerah untuk menyusun kepengurusan sekaligus menjalankan partai itu. Terkait calon presiden Yenny belum mau membahasnya. "Soal capres nanti dulu lah," kilahnya.

Namun yang pasti, Yenny mengatakan, ia pribadi tidak berambisi menjadi kontestan pada pilpres mendatang. PKBN sendiri saat ini masih dalam proses memenuhi persyaratan verifikasi sebagai partai politik, namun Yenny optimistis pihaknya bisa lolos, termasuk saat verifikasi sebagai peserta pemilu nanti. [mad]