Jumat, 18 Oktober 2019 | 10:45 WIB
Politik
"Ya, sudah tahu beliau, tapi tidak dilaporkan secara langsung."
Presiden SBY Telah Mengetahui Laporan Wikileaks
Jumat, 26 Agustus 2011 | 23:49 WIB
-
JAKARTA - Terkait laporan Wikileaks terbaru yang mengatakan bahwa sejumlah menteri yang disebut sebagai teman baik atau sekutu Amerika Serikat (AS), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengaku mengetahui laporan tersebut.

"Ya, sudah tahu beliau, tapi tidak dilaporkan secara langsung," kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (26/8).

Hal itu disampaikan Presiden usai buka puasa bersama dengan beberapa pimpinan media massa. Namun, ditegaskan dia, mengenai laporan Wikileaks tersebut Presiden belum ada rencana untuk memanggil sejumlah menteri.

Bagi dia, laporan tersebut tidak ada yang negatif. Artinya, menurut Julian, jika menteri memiliki hubungan baik dengan Amerika Serikat, maka itu berarti tidak ada masalah dengan adidaya itu.

"Pengertian sekutu di sana berarti tidak ada gesekan atau tidak ada masalah politik dengan Amerika Serikat. Itu baik-baik saja," tuturnya.

Marty Natalegawa misalnya, Julian mencontohkan, saat terpilih sebagai Menteri Luar Negeri mendapat ucapan selamat dari pejabat Amerika Serikat. Hal tersebut, lanjut dia, merupakan sesuatu yang wajar dalam diplomasi antarnegara.

"Kalau dikatakan Pak Marty Natalegawa sebagai Menlu yang didukung penuh oleh pihak Amerika Serikat karena kedekatan yang bukan secara institusional, saya kira itu terlalu berlebihan," bebernya.

Hal yang sama juga ditempatkan Julian kepada Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta. Di mana kedekatannya dengan sejumlah pihak di Amerika Serikat merupakan hal yang positif dalam konteks persahabatan dua negara.

Sementara untuk Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro juga sama. Artinya, tutur Julian memiliki lingkup pergaulan yang luas sejak menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. "Memiliki hubungan baik dengan pejabat di Amerika Serikat itu baik juga kan," katanya. [mad]