Selasa, 20 November 2018 | 08:04 WIB
Politik
Kader Demokrat yang tidak di siplin diharapkan sadar akan posisinya.
Empat Kritik Jafar Kepada Kadernya
Jumat, 9 September 2011 | 16:08 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat Jafar Hafsah -
Jakarta - Dalam memeringati sepuluh tahun Partai Demokrat, Jafar Hafsah menyampaikan empat kritik kepada para anggota DPR dari partainya itu.

Hal itu ia sampaikan kepada wartawan dalam peringatan sepuluh tahun Partai Demokrat di gedung DPR, Jakarta, Jumat (9/9).

Menurut Ketua Fraksi Demokrat itu, pertama, ia meminta agar kadernya sadar betul posisinya sebagai anggota DPR. Lantas yang kedua adalah mengisi diri untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dirinya di DPR.

Tujuannya, lanjut Jafar, agar para kader sebagai anggota dewan mampu menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan fungsi anggarannya. "Saya harapkan semuanya dapat melaksanakan hal itu," katanya.

Selanjutnya, menurut Jafar, anggota DPR dari Demokrat dapat berkontribusi betul baik secara kualitas dan kuantitas dalam menjalankan seluruh aspek-aspek kegiatannya.

"Baik dalam menyusun RUU begitu pula dalam membahas program dengan mitra. Termasuk kemampuan dalam budget begitu pula pengawasan dan pembangunan," kata Jafar lagi.

Sedangkan kritik yang terakhir menurut Jafar adalah soal disiplin. Ia meminta agar para anggota DPR dari frakskinya untuk meningkatkan disiplin. Bila para kader tak mampu menjalankan hal itu, maka menurut Jafar sebaiknya mundur saja dari anggota DPR.

"Ya itulah refleksi selama dua tahun ini sebagai anggota fraksi Partai Demokrat," kata Jafar. [kgi]