Selasa, 20 November 2018 | 06:59 WIB
Politik
Beban partai yang berat dinilai tidak akan pas menempatkan Sekjen Partai Demokrat Edy Baskoro Yudhoyono alias Ibas sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat.
Kader Demokrat Menolak Wacana Ibas Jadi Ketua FPD
Jumat, 30 September 2011 | 22:40 WIB
-
Skalanew - Wacana menjadikan Edy Baskoro Yudhoyono atau Ibas sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI mencuat belakangan ini. Namun, belum juga disetujui mayoritas kader partai berlambang Mercy tersebut, penolakan dari kader malah yang bermunculan.

Penolak itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Syofwatillah Mohzaib di Jakarta, Jumat (30/9). "Saya tidak setuju jika Mas Ibas menjadi ketua fraksi. Saya menghargai maksud baik kawan-kawan di Partai Demokrat menjadikan Mas Ibas sebagai ketua fraksi," katanya.

Salah satu penolakan dia adalah waktu dan energi yang terbuang. Padahal, posisi Ibas di partai merupakan penggerak mesin terbesar saat ini yang masih sangat diperlukan. Jadi tegas Syofwatillah, bukan kapabilitas dan kemampuan Ibas yang disangsikan, tapi waktu dan energinya.

Karena itu, ia menyarakan, wacana untuk menjadikan Ibas sebagai ketua fraksi menggantikan Muhammad Jafar Hafsah lebih baik tidak dikembangkan lagi oleh kader-kader Partai Demokrat di DPR.

Jika Ibas menjadi ketua fraksi, lanjut dia, justru menambah beban bagi Ibas dan partai. Belum lagi, saat ini Demokrat menghadapi ujian berat.

"Saya yakin Pak SBY tidak akan setuju, karena beliau sebagai ketua dewan pembina menginginkan semua elemen atau pilar yang dimiliki partai ini berjalan dengan baik dan maksimal untuk rakyat dan kesuksesan masa depan. Kasihan juga Mas Ibas terlalu berat bebannya, beliau 'kan sekjen, artinya motor penggerak partai," bebernya.

Apalagi posisi ketua fraksi, menurut dia, sangat strategis. Sehingga membutuhkan orang tersendiri yang perhatiannya tidak terbagi-bagi dengan terlalu banyak tugas di partai.

"Saya kira Pak Jafar Hafsah sudah tepat dan selama ini juga sudah baik menjadi ketua fraksi dan itu tugas mulia dari Pak SBY," katanya.

Sebelumnya, anggota FPD di DPR Ruhut Sitompul mengusulkan agar Ibas dijadikan ketua fraksi di samping sebagai sekjen PD. Ruhut juga mengusulkan agar Jafar diberikan posisi yang lebih baik di kabinet, yaitu menjadi menteri pertanian. (mad)