Kamis, 19 September 2019 | 17:40 WIB
Politik
UU Pemilu sebagai rule of the game bisa segera diselesaikan demi tegaknya kepastian hukum dan sistem.
PKB: Revisi UU Pemilu Belajar Pada Pemilu 2009
Minggu, 9 Oktober 2011 | 18:10 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar -
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap revisi UU Pemilu segera diselesaikan. Hal itu untuk memberikan kepatian aturan dan persiapan yang lebih matang. Jika tidak akan terjadi seperti Pemilu 2009 dimana peraturan tidak menentu.

" Dua Bulan diketahui sistem yang dipakai dengan suara terbanyak, padahal kita sudah buat dengan konsep nomor urut. 2009 Pemilu berat bagi PKB karena posisi dan aturannya rumit tidak menentu," ujar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat membuka diskusi publik DPP PKB tentang RUU Pemilu di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (9/10).

Imin berpendapat UU Pemilu sebagai rule of the game bisa segera diselesaikan demi tegaknya kepastian hukum dan sistem. Itu juga, lanjut Imin, akan berdampak pada persiapan peserta Pemilu karena mendapat waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri.

"2014 kita tidak ingin ulang ketidakpastian hukum dan sistem. Kita harap UU ini selesai cepat, agar partai bisa bersiap-siap lebih baik untuk melahirkan pemerintahan yang lebih kuat," harap Muhaimin.

Seperti diketahui revisi UU Pemilu masih belum selesai pembahasannya. Pembahasan yang belum mencapai titik temu salah satunya Parliamentary Thershold (PT). [Syamsud Dhuha/Pay]