Kamis, 25 April 2019 | 21:30 WIB
Politik
Pendekatan Papua harus penuh dengan kesabaran. Sebab kalau semata-mata pendekatan pada kekuasaan maka akan semakin menjauhkan masyarakat Papua
Bambang Darmono Berharap Bisa Segera Selesaikan Papua
Senin, 31 Oktober 2011 | 18:12 WIB
Wakil Ketua DPR, Pramono Anung [foto-ist] -
Skalanews – Penunjukkan mantan Pangdam Iskandar Muda, Bambang Darmono sebagai Ketua Tim Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) dinilai sebagai langkah awal yang bisa membantu penyelesaian masalah Papua.

Tetapi, kalau dia (Bambang) tak mampu mensinergikan dengan pemerintan daerah dan kelompok yang kecewa dengan pemerintah, maka lembaga tersebut tidak akan banyak artinya.

"Dengan demikian, seperti yang saya katakan di awal. Pendekatan Papua harus penuh dengan kesabaran. Sebab kalau semata-mata pendekatan kekuasaan, akan semakin menjauhkan masyarakat Papua dengan kita," kata Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, Jakarta, Senin (31/10).

Pram mengatakan, sejak era almarhum Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), lalu Megawati Soekarno Putri dan kini SBY, kucuran dana otonomi khusus itu yang telah digelontorkan jumlah cukup besar.  Namun dana yang langsung dirasakan oleh masyarakat sangat kecil.

"Ketika dana itu sampai ke pemerintah daerah seakan-akan langsung jadi milik kelompok atau perorangan yang dekat dengan kekuasaan. Apalagi dana itu seolah-olah tak bisa diaudit oleh pemerintah pusat," jelas Pram kecewa

Itu sebabnya, lanjut Pram, banyak masyarakat yang akhirnya kecewa. Karena itu pula, pemerintah pusat tak boleh menggunakan cara yang sama untuk ke depan. (kristian ginting/bus)