Senin, 23 September 2019 | 12:34 WIB
Politik
Penyalahgunaan kebijakan dan tidak trnprannya pengelolaan daerah menjadi penyebab di Papua.
Inilah Solusi Penyelesaian Papua Versi PKB
Kamis, 3 November 2011 | 16:02 WIB
Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar -
Skalanews - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar mendesak pemerintah agar masalah Papua pada prisipnya harus diselesaikan secara menyeluruh. Karena itu, kata dia, pemerintah harus belajar dari penyelesaian masalah Aceh yang melewati solusi dengan rekonsiliasi, dialog dan percepatan pembangunan.

Demikian dikatakan oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar lewat rilis kepada wartawan di DPR, Jakarta, Kamis (3/11). Menurut Marwan, dalam soal kemanan saja Papua dirasa masih sangat ringkih. Sehingga ada banyak fakta menunjukan, betapa mudahnya wilayah Papua dimasuki orang asing ataupun negara tetangga.

"Ini problem daerah perbatasan yang hingga kini masih menggantung," ujarnya. Lantas karena itu, Marwan menilai ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membenahi Papua. Pertama, kata dia, adalah pentingnya soal keterbukaan. Menurutnya, setiap pihak harus membuka informasi selebar-lebarnya terkait Papua.

Lalu yang kedua, lanjutnya, pemerintah segera melakukan tindakan tegas bagi pihak terkait yang menyalahi kebijakan. Ketiga, forum dialog harus terus dilakukan antara rakyat Papua, pemerintah dan ormas lokal.

Selain itu, pemerintah harus menggenjot perihal otonomi khusus Papua demi kesejahteraan. Dan yang terpenting, katanya, ekonomi menjadi panglima dalam memperbaiki kesejahteraan.[Kristian Ginting/Pay]