Sabtu, 22 September 2018 | 04:39 WIB
Tidak Ada Wasit Inggris di Piala Dunia 2018
Kamis, 22 Maret 2018 | 11:31 WIB
Mike Riley -

Skalanews - Tidak ada wakil Inggris dalam Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal ini menjadi perbincangan banyak orang. Namun, kepala wasit Liga Inggris Mike Riley menampik anggapan yang menyebut rekan seprofesinya tidak berkualitas.

Sebelumnya, Inggris memiliki satu wakil, yakni Mark Clattenburg, dengan namanya disertakan dalam seleksi awal pada 2016. Clattenburg bahkan berlatih dan ikut mempersiapkan diri untuk Piala Dunia 2018.

Namun, ia memilih meninggalkan Liga Inggris dan menjadi wasit di Arab Saudi sejak Februari 2018. Kepindahannya itu memengaruhi keputusan akhir FIFA. Riley pun menyebut pihaknya tidak punya kesempatan untuk menggantikan Clattenburg.

"Ini adalah sebuah kekecewaan, karena kami sejatinya bangga memiliki wasit di pentas internasional selama bertahun-tahun. Dan jika Anda melihat sepuluh tahun ke belakang, tidak ada negara yang lebih sukses ketimbang kami [dari segi perwasitan]," kata Riley kepada Sky Sports, Rabu (21/3).

"Namun jika kalian melihat pada prosesnya, Mark itu dilibatkan dalam seleksi jangka panjang untuk Piala Dunia, dan semua wasit yang ada sudah mengikuti program latihan."

"Mark kemudian pindah ke Arab Saudi sehingga tidak ada kompetisi tersisa untuk melatih wasit, jadi di sana tidak ada kesempatan untuk menggantikan dia dengan wasit Inggris lainnya," papar Riley.

"Anda bisa memahami itu dari sudut pandang FIFA, jika mereka menghabiskan waktunya dengan melatih dan mempersiapkan wasit untuk kompetisi tersebut, sebagai bagian dari program tersebut, mereka ingin banyak wasit yang mewakili mereka."

"Ini hanya soal timing, bukan soal kualitas wasit kami," pungkas Riley.

Di Piala Dunia 2018, yang menjadi wasit dari zona UEFA adalah Felix Brych (Jerman), Cuneyt Cakir (Turki), Sergei Karasev (Rusia), Bjorn Kuipers (Belanda), Milorad Mazic (Serbia), Antonio Mateu Lahoz (Spanyol), Szymon Marciniak (Polandia), Gianluca Rocchi (Italia), Damir Skomina (Slovenia) dan Clement Turpin (Prancis). (day)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar