Minggu, 8 Desember 2019 | 06:52 WIB
David Villa Umumkan Pensiun Akhir Tahun Ini
Kamis, 14 November 2019 | 03:14 WIB
David Villa - [ap]

Skalanews - David Villa mengumumkan rencana pensiun di akhir tahun ini atau setelah J1 League 2019 berakhir. Saat ini, kompetisi tersebut tinggal menyisakan tiga pertandingan.

Bemain di Vissel Kobe, Villa masih akan memperkuat klub Jepang itu di semifinal Piala Kaisar akhir Desember ini. Namun, Vissel mengonfirmasi Villa bakal melakoni laga terakhirnya pada 7 Desember mendatang melawan Jubilo Iwata. Artinya, mantan pemain Barcelona itu tidak akan ikut berpartisipasi di Piala Kaisar.

"Saya sudah memikirkan hal ini cukup lama. Ini adalah keputusan hasil diskusi saya dengan keluarga dan kerabat saya," kata Villa seperti dikutip dari Goal Internasional, Rabu (13/11).

Villa menegaskan ingin mengakhiri kariernya saat performanya bagus. "Saya ingin pensiun dari sepak bola, bukan dipaksa pensiun dari sepakbola [karena keadaan fisik]," imbuh pemain yang musim ini sudah mencetak 12 gol untuk Vissel.

Karier sepak bola Villa sudah berlangsung selama 19 tahun terakhir. Ia mengawalinya bersama Sporting Gijon sebelum pindah ke Real Zaragoza, Valencia, Barcelona, dan Atletico Madrid.

Mantan pemain timnas Spanyol itu kemudian hijrah ke Amerika Serikat dengan bergabung dengan New York City pada 2015. Tahun ini, ia bergabung dengan Vissel Kobe.

Sepanjang kariernya, Villa meraih tiga gelar La Liga Spanyol, tiga Copa del Rey, dan satu Liga Champions. Di level internasional, ia mampu memenangi Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 bersama timnas Spanyol.

Usai pensiun, Villa akan mengurus Queensboro FC yang baru saja diluncurkan pekan ini. Klub yang berbasis di Queens, New York, ini dijadwalkan akan berkompetisi di USL (divisi dua sepakbola Amerika Serikat) mulai musim 2021.

"Saya pernah tinggal dan bermain di New York selama empat tahun. Saya menyukai budaya, makanan, orang-orang, dan gairah kehidupan mereka, dan tentu saja sepakbola. Saya siap untuk mengembangkan klub sepakbola di Queens," papar Villa.

"Saya sangat gembira dengan karier saya. Saya sangat bangga. Saya jatuh cinta dengan olahraga ini sejak kecil dan saya ingin terus memberikan yang terbaik terhadap olahraga ini. Dan sekarang, masa depan saya berada di Queens," pungkasnya. (day)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar