Sabtu, 18 Januari 2020 | 08:14 WIB
Barcelona Tunjuk Qique Setien Sebagai Pelatih Baru
Selasa, 14 Januari 2020 | 15:18 WIB
Quique Setien - [ist]

Skalanews - Usai memecat Ernesto Valverde, Barcelona menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru. Juru taktik berusia 61 tahun itu akan mendapat kontrak hingga 30 Juni 2022 dan bakal diperkenakn pada Selasa (14/1).

"Quique Setienn akan menjadi manajer baru FC Barcelona. Selamat datang!" bunyi pernyataan Barcelona pada akun Twitter resmi mereka.

Setien memulai kariernya sebagai pelatih di Racing Santander 2001. Dua musim kemudian, dia memegang peran di Poli Ejido. Setien juga pernah melatih Timnas Equatorial Guinea.

Perjalanan karier membawanya ke Logrones, Lugo, hingga Las Palmas. Di musim perdananya, dia membawa Las Palmas lolos dari degradasi.

Saat itu Setien tampak menjanjikan, dia membawa Las Palmas menembus zona Eropa pada musim keduanya. Tapi, terseok-seok menjelang akhir musim La Liga Spanyol.

Pekerjaan apiknya di Las Palmas mengundang perhatian Real Betis sehingga menunjuknya sebagai pelatih permanen pada 2017 lalu. Di musim pertamanya, Setien mengembalikan Betis ke Eropa, yakni dengan mengamankan peringkat ke-6 klasemen akhir dan kualifikasi ke Liga Europa.

Musim kedua Setien di Real Betis dimulai dengan baik. Mmereka bisa melangkah sampai semifinal Copa del Rey, tapi gagal mengalahkan Valencia. Lalu, mereka pun tereliminasi dari Liga Europa di tangan Rennes.

Dua kegagalan ini membuat Betis kehilangan momentum di La Liga. Awalnya mereka bertarung menembus zona Liga Champions, tapi akhirnya justru berjuang keras hanya untuk bertahan di papan tengah.

Penurunan ini akhirnya menuntun Setien ke jalan keluar, padahal dia masih menyisakan satu tahun dalam kontraknya. [day]


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar