Sabtu, 18 Januari 2020 | 08:07 WIB
Dipecat Barcelona, Ini Surat Terbuka Ernesto Valverde
Rabu, 15 Januari 2020 | 12:44 WIB
Ernesto Valverde - [ist]

Skalanews - Ernesto Valverde dipecat Barcelona, Selasa (14/1). Pelatih berusia 55 tahun itu ditendang setelah 2,5 tahun mengabdi di Camp Nou.

Valverde merupakan pelatih pertama yang dipecat Barcelona di pertengahan musim setelah pemecatan Louis van Gaal pada Januari 2003 lalu. Ini artinya, Blaugrana tidak terlalu senang memecat pelatih.

Pemecatan Valverde tidak terlalu mengejutkan. Sebab, ia tidak pernah benar-benar mendapatkan kepercayaan dari fans. Meski Barcelona tetap meraih trofi, Valverde dianggap tidak terlalu berpengaruh.

Pemecatan Valverde dipicu kekalahan Barcelona 2-3 dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol. Sejak saat itu, rumor pergantian pelatih terus menguat.

Usai mendekati Xavi Hernandez dan Ronald Koeman, Barcelona akhirnya mengikat Quique Setien terlebih dahulu untuk kemudian memecat Valverde. Jelas, hal tersebut tidak baik.

Atas pemecatan itu, Valverde membuat surat terbuka seperti dikutip Marca. "Waktu saya sebagai pelatih Barcelona telah berakhir. Dua setengah tahun terakhir berjalan intens sejak awal. Pada masa itu saya telah menikmati sejumlah momen sukacita dengan merayakan kemenangan dan trofi, tapi juga momen-momen lain yang sulit dan berat," ungkap Valverde.

"Bagaimanapun, yang paling penting, saya ingin menggarisbawahi pengalaman saya dengan fans dan afeksi yang mereka tunjukkan pada saya selama jadi pelatih."

Valverde juga menyampaikan rasa terima kasih kepada setiap pihak yang terlibat dalam pekerjaannya. Mulai dari presiden, staf, para pemain, sampai fans. Empat trofi dalam dua setengah tahun sudah cukup membuktikan kerja keras Valverde.

"Saya ingin berterima kasih pada presiden Josep Maria Bartomeu dan Dewan Direksi karena telah memberikan kesempatan untuk melatih tim utama dan karena kepercayaan mereka selama ini," imbuh Valverde.

"Saya juga ingin berterima kasih pada semua orang yang telah bekerja bersama saya di klub karena dukungan mereka dan perlakuan mereka selama dua setengah musim, khususnya mereka yang bekerja di tim utama."

"Tentu saja saya ingin berterima kasih pada para pemain untuk semua usaha mereka yang telah membantu kami meraih empat trofi bersama-sama," sambungnya.

Terakhir, Valverde berharap yang terbaik untuk pelatih pengganti, Quique Setien. Dia tahu Barca merupakan yang terbaik di dunia. Kesulitan ini akan segera berlalu.

"Sejak hari ini, saya berharap mereka mendapatkan keberuntungan juga kepada pelatih baru Quique Setien," ujarnya. "Doa yang terbaik untuk semuanya. Visva Barca dan Visca Catalonia," pungkasnya. (day)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar