Selasa, 18 Februari 2020 | 07:56 WIB
Shin Tae yong dan Gong Oh Kyun Beri Dampak Positif untuk Timnas Indonesia
Kamis, 16 Januari 2020 | 16:44 WIB
Danurwindo - [ist]

Skalanews - Direktur Teknik PSSI Danurwindo meyakini keberadaan Shin Tae yong dan Gong Oh Kyun dalam tim kepelatihan akan memberikan dampak positif untuk Timnas Indonesia. Dengan pengalaman keduanya, tim Garuda bisa dibawa ke level permainan tim dunia.

Shin Tae yong, yang dipercaya menjadi manajer dan pelatih senior serta supervisor semua level Timnas Indonesia, merupakan pelatih Timnas Korea Selatan yang tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Meski tidak berhasil meloloskan Korsel ke babak knockout, ia mencengangkan dunia dengan menaklukkan juara bertahan Jerman 2-0 di laga terakhir penyisihan grup.

Sementara Gong Oh Kyun, yang dipercaya menangani Timnas Indonesia U19, adalah asisten pelatih yang membantu Korea Selatan tampil sebagai runner-up di Piala Dunia U20 di Polandia. Meski takluk dari Ukraina di final, Korsel telah menunjukkan permainan yang mengesankan sepanjang turnamen.

"Shin dan Gong adalah dua pelatih yang sama-sama turun dan merasakan atmosfer Piala Dunia. Pengaruhnya untuk tim sangat besar. Mereka memiliki pengalaman bagaimana menghadapi tim dunia. Jadi, memang pelatih seperti ini yang kita butuhkan," kata Danurwindo yang datang memantau seleksi pemain Timnas Indonesia U19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Kamis (16/1), seperti dikutip dari situs PSSI.

Menurut Danurwindo, Shin dan Gong telah mempelajari kelebihan dan kekurangan pemain Indonesia. Pemain Indonesia punya skill dan kecepatan yang baik, namun perlu diimbangi kekuatan fisik.

"Dalam sepak bola modern dibutuhkan kekuatan fisik untuk bisa bermain stabil dari menit awal sampai akhir. Shin dan Gong akan membangun tim untuk bisa bermain tempo tinggi baik dalam bertahan, transisi ataupun menyerang. Pemain Indonesia juga akan dilatih untuk lebih berani bertarung," papar Danurwindo.

Tidak hanya pemain, kehadiran Shin dan Gong serta staf lainnya juga akan memberi manfaat besar bagi pelatih nasional yang dipercaya dalam tim kepelatihan. "Mereka akan banyak mendapatkan ilmu baru," ujar Danurwindo.

Shin dan Gong yang dibantu tim kepelatihan masih menyeleksi pemain-pemain untuk Timnas Indonesia U19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Proses seleksi akan berakhir Jumat (17/01). Nantinya pemain yang lolos seleksi akan dikerucutkan menjadi 30 nama dan akan melanjutkan pemusatan latihan di Thailand. Pemain yang dipanggil adalah pemain kelahiran 2001 dan 2002. [day]


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar