Rabu, 26 Februari 2020 | 20:43 WIB
PB eSport Indonesia Resmi Berdiri
Sabtu, 18 Januari 2020 | 22:01 WIB
PB eSport Indonesia - ist

Skalanews - Indonesia kini secara resmi telah memiliki Pengurus Besar (PB) eSports yang akan menjadi wadah bagi asosiasi serta atlet demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik itu di kancah internasional.

Ketua Umum PB eSports Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan mengatakan, pembentukan sekaligus pelantikan pengurus periode 2020-2024 ini merupakan langkah awal untuk membangun eSports ke arah yang lebih positif.

"Saya mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan baru ini dengan harapan semua pengurus agar memiliki semangat juang yang tinggi, soliditas yang tinggi, tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi untuk memajukan eSports Indonesia," kata Budi Gunawan saat melantik Pengurus Besar (PB) eSport Indonesia di Jakarta, Sabtu (18/1).

Budi Gunawan melihat eSports sebagai gaya hidup meilenial yang memiliki banyak manfaat selain aspek hiburan atau permainan.

"Selain aspek permainan, esports bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak muda dalam berfikir strategis, cerdas dan kreatif, motivasi dan kerja sama tim, serta kelincahan dan ketahanan fisik," sambungnya.

Budi Gunawan sendiri menunjuk pengusaha muda Sandiaga Uno sebagai Wakil Dewan Pembina PB eSport Indonesia.

"Siapa yang tak kenal dengan sosok Sandiaga Uno, beliau adalah mantan cawapres pada 2019 dan menjadi idola emak-emak hingga anak muda," kata BG menyambut Sandiaga di lokasi.

Kehadiran Sandiaga diharapkan bisa memajukan perkembangan esport Indonesia dan menghasilkan prestasi di kancah dunia.

"Kami yakin dengan sentuhan tangan Pak Sandi, ekosistem yang berkaitan dengan sport, game hingga bisnis esport Indonesia bisa terwujud dengan cepat," kata Budi Gunawan yang juga menjabat sebagai Kepala BIN ini.

Sementara itu, ada enam poin yang menjadi fokus kerja dari PB eSports Indonesia. Diantaranya penyusunan regulasi eSports di Indonesia kemudian dilanjutkan pembangunan pusat pelatihan dan pengembangan esports dengan sertifikasi standar internasional.

Kaitannya dengan pariwisata maka PB eSports Indonesia juga ingin pembangan venue arena esports diapdukan dengan daerah tujuan wisata. Misalnya, seperti pembangunan sirkuit Moto GP di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

PB eSports Indonesia juga ingin kompetisi yang berkelanjutan atau berjenjang dalam liga profesional. Di sini mereka punya target untuk menyelenggarakan minimal satu event eSports berskala internasional setiap tahun.

Terakhir, PB eSports Indonesia berfokus untuk mengembangkan platform digital esports terutama back bone dengan terhubung ke jaringan internet berkecepatan tinggi dari Palapa Ring. (Frida Astuti/Bus)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar