Kamis, 14 November 2019 | 06:16 WIB
Afirmasi Moody's Tegaskan Pengakuan Terhadap Ekonomi Indonesia
Jumat, 29 Januari 2016 | 18:16 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardoyo - [skalanews]

Skalanews - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, afirmasi lembaga pemeringkat Moody's Investor Service menegaskan pengakuan terhadap kekuatan perekonomian Indonesia dalam menghadapi penurunan perekonomian dan volatilitas keuangan global.

Pada Kamis, Moody's kembali mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (investment grade).

"Keseimbangan antara kebijakan moneter dan fiskal, serta reformasi struktural yang berkelanjutan, menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai pertumbuhan Indonesia yang lebih berkualitas," ujar Agus, di Jakarta, Jumat (29/1).

Dalam siaran persnya, Moody's memberikan afirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada Baa3/stable outlook.

Beberapa faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia adalah pengelolaan keuangan pemerintah yang kuat, di tengah peningkatan defisit fiskal dan respons kebijakan otoritas yang efektif dalam mengelola risiko penurunan harga komoditas, dan pelemahan pertumbuhan ekonomi dalam rangka memastikan sektor eksternal yang sustainable.

Selain itu, outlook stabil mencerminkan tetap kuatnya ketahanan Indonesia terhadap tekanan eksternal, yang bersumber dari penurunan harga komoditas dan volatilitas pasar keuangan internasional.

Meskipun tekanan eksternal terhadap pertumbuhan ekonomi masih berlangsung, perekonomian Indonesia tetap tumbuh lebih baik dibandingkan negara dengan peringkat yang sama. (ant/tat)