Rabu, 17 Oktober 2018 | 01:34 WIB
Iman Sugema Masuk Jajaran Komisaris Bank BTN
Selasa, 12 April 2016 | 23:17 WIB
Iman Sugema, jadi salah satu komisaris Bank BTN -

Skalanews - Pemegang saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyetujui pengangkatan ekonom Iman Sugema menjadi salah satu komisaris perusahaan dalam susunan pengurus yang ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

"Bapak Iman Sugema masuk dalam susunan komisaris kami. Perubahan ini merupakan hal yang wajar dan sepenuhnya merupakan kewenangan pemegang saham," kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono usai menggelar RUPST, di Jakarta, Selasa (12/4).

Iman Sugema menggantikan posisi komisaris sebelumnya yaitu Deputi BUMN Bidang Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno yang pada pekan lalu ditugasi menjadi komisaris pada PT PGN (Persero) Tbk.

"Benar Pak Iman menggantikan Pak Fajar. Pergantian kepengurusan juga untuk memenuhi tuntutan bisnis, mewujudkan visi, misi dan strategi yang sebagaimana telah dituangkan dalam program transformasi termasuk menyukseskan program sejuta rumah Bank BTN," ujarnya.

Ia menjelaskan, perubahan ini juga melalui evaluasi dari pemegang saham pengendali, rekomendasi dari dewan Komisaris serta Komite remunerasi dan nominasi.

Isu masuknya Iman, ekonom senior Indef ini dalam jajaran komisaris BTN sudah berhembus sejak sepekan terakhir.

Iman yang juga pendiri Intercafe, sebuah lembaga riset almamater Institute Pertanian Bogor (IPB) Intercafe ini juga masuk dalam Tim Ekonom pada Megawati Institute.

"Pak Iman sebelumnya adalah komisaris PGN, kini masuk BTN menggantikan Pak Harry," ujar Maryono.

Pada RUPST tersebut, pemegang saham juga menyetujui perombakan susunan anggota direksi yaitu memberhentikan posisi Sis Apik Wijayanto dan Irman Alvian Zahiruddin.

"Sis Apik Wijayanto yang ditugasi menjadi salah satu Direksi Bank BRI, digantikan oleh Handayani yang sebelumnya adalah direktur PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, sedangkan Irman Alvian Zahiruddin digantikan oleh Catur Budi Harto sebelumnya adalah Senior Executive Vice President (SEVP) BRI," ujar Maryono. [mad/ant]

Dengan demikian susunan Komisaris Bank BTN sebagai berikut:
Komisaris Utama/Independen: I Wayan Agus Mertayasa
Komisaris Independen: Kamaruddin Sjam
Komisaris Independen: Arie Coerniadi
Komisaris Independen: Lucky Fathul Azis
Komisaris: Iman Sugema
Komisaris: Sumiyati
Komisaris: Maurin Sitorus

Sedangkan susunan Direksi Bank BTN adalah Direktur Utama: Maryono
Direktur: Mansyur S. Nasution
Direktur: Imam Nugroho Soeko
Direktur: Adi Setianto
Direktur: Sulis Usdoko
Direktur: Oni Febriarto
Direktur: Handayani
Direktur: Catur Budi Harto