Selasa, 11 Desember 2018 | 01:33 WIB
Pemprov Copot Dirut Bank Sumsel Babel
Jumat, 30 November 2018 | 06:25 WIB
Bank Sumsel-Babel -

Skalanews - Pemegang saham Bank Sumsel Babel, pemerintah daerah di Sumsel dan Babel mencopot Muhammad Adil sebagai direktur utama bank pembangunan daerah tersebut.

Keputusan tersebut merupakan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) di Palembang, Kamis (29/11).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan keputusan tersebut telah mempertimbangkan beberapa faktor. Salah satunya hasil RUPS 2017.

"Karena memang RUPS 2017 memberikan evaluasi 6 bulan untuk kinerja dirut namun hasilnya tidak mengalami perubahan," kata dia.

Menurut Deru, kinerja yang disoroti Pemprov Sumsel selaku pemegang saham pengendali (PSP) adalah penyaluran kredit maupun penambahan jumlah nasabah yang belum sesuai target dalam rencana bisnis bank (RBB).

"Bank ini harus segera besar persaingan semakin ketat, bank ini harus jadi tuan di rumah sendiri tidak kalah sama pendatang," kata dia.

Adapun calon yang diharapkan pemprov adalah memiliki karakter enerjik, mampu bekerja tim dengan baik, solid dalam manajerial dan kompak dalam meraih visi.

Sementara itu, Adil mengatakan dirinya menerima keputusan RUPSLB tersebut. "Artinya selesai sudah tugas saya selama kurang lebih 5 tahun ini dalam memimpin Bank Sumsel Babel," ujar dia.

Adil sendiri enggan menyampaikan langkah selanjutnya dalam karir di industri perbankan. (bus/ant)