Jumat, 19 Juli 2019 | 11:20 WIB
Target Tambah DPK, Gubernur Khofifah Tunjuk Dirut Baru Bank Jatim
Kamis, 20 Juni 2019 | 04:36 WIB
Khofifah Indar Parawansa - [ist]

Skalanews - Direktur kepatuhan Bank Jatim Hadi Santoso akhirnya dipercaya menempati jabatan barunya sebagai Dirut Bank Jatim. Ia menggantikan R. Suroso yang habis masa jabatannya sebagai Dirut Bank Jatim

Pengangkatan mantan alumni Universitas Bojonegoro tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Jatim di kantor pusat Bank Jatim.

"Saya berharap komposisi personalia direksi baru Bank Jatim bisa meningkatkan seluruh energi positif yang ada di jajaran Pemprov Jatim," kata gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Rabu (19/6).

Mantan Mensos ini mengatakan banyak tugas yang harus segera dilakukan. Seperti Direktur Korporasi, harus mulai segera membangun sinergi dengan bank bank yang lain. "Direktur Korporasi supaya mencari cara untuk meningkatkan DPK (Dana Pihak Ketiga) bank Jatim," pinta wanita asli kelahiran Surabaya ini.

Sementara itu, terkait keraguan DPRD Jatim tentang batasan usia Dirut Bank Jatim yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD, khususnya Pasal 57 huruf (h) menyebutkan, usia calon direksi BUMD minimal 35 tahun dan maksimal 55 tahun.

Komisaris Independen Bank Jatim, Candra Fajri Ananda menyatakan bahwa, meski Bank Jatim adalah BUMD, namun statusnya sudah perusahaan terbuka (Tbk).

"Jika BUMD itu sudah Tbk, maka aturan susunan direksi mengacu pada UU PT (perseroan terbatas). Di UU PT tidak menyebutkan batasan usia direksi," ujarnya.

Selain mengganti Dirut Bank Jatim, dalam RUPSLB tersebut juga merombak posisi direksi Bank Jatim lainnya. Adapun Direktur Komersial dan Korporasi dijabat Busrul Ima, sebelumnya menjabat Pemimpin Wilayah Bank BRI Kantor Wilayah Surabaya. Direktur Konsumer, Ritel dan Usaha Syariah dijabat Elfaurid Aguswantoro, sebelumnya menjabat Pemimpin Pjs Divisi Divisi Kepatuhan dan Tata Kelola.

Kemudian Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Tonny Prasetyo yang sebelumnya menjabat Pemimpin Divisi Umum Bank Jatim.

Lalu Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko dijabat Erdianto Sigit Cahyono. Dia sebelumnya menjabat Kepala Audit Intern Wilayah Bank BRI Kantor Wilayah Jakarta 1. (wahyu/bus)