Selasa, 11 Desember 2018 | 01:06 WIB
Jelang Akhir Tahun, Darmin Pastikan Stok Pangan Terjaga
Jumat, 23 November 2018 | 21:25 WIB
Beras Bulog/ilustrasi -

Skalanews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan stok pangan terjaga menjelang akhir tahun melalui penguatan koordinasi antarinstitusi terkait.

"Kita sudah mulai koordinasi kembali. Sebetulnya kalau beras, kita punya stok banyak. Ini cuma tinggal urusan operasi pasar," ujar Darmin di Jakarta, Jumat (23/11).

Darmin mengakui permintaan bahan komoditas pangan secara musiman akan meningkat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Untuk itu, penyediaan bahan makanan seperti beras, daging ayam, daging sapi maupun telur ayam terus dilakukan melalui berbagai upaya, agar harganya tidak mengalami kenaikan.

"Kita barangnya banyak, kecuali kalau operasi pasarnya tidak efektif, itu kita lihat," ujarnya.

Sebelumnya, institusi seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, juga Satgas Pangan yang beranggotakan kepolisian, sudah berusaha menjaga ketahanan stok pangan menjelang akhir tahun.

Khusus periode akhir tahun, terdapat beberapa daerah yang selalu mengalami tren kenaikan harga bahan kebutuhan pokok karena kenaikan permintaan. Daerah tersebut adalah Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua Barat.

Selain itu, terdapat beberapa daerah yang diperkirakan mengalami kenaikan permintaan karena merupakan daerah tujuan wisata, antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali. (bus/ant)