Minggu, 22 September 2019 | 15:31 WIB
Pemerintah akan Bangun Bandara di Kediri
Selasa, 3 September 2019 | 02:41 WIB
Luhut Binsar Panjaitan didampingi Khofifah Indar Parawansa dan tiga Menteri Kabinet Kerja - [ist]

Skalanews - Pemerintah memastikan realisasi pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kediri akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

Hal itu dikatakan Menko Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan bahwa keberadaan bandara di Kabupaten Kediri ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar bandara.

Ia mengungkapkan pembangunan bandara ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo sebagai salah satu komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kediri dan sekitarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Kabupaten Kediri berhasil terpilih sebagai daerah yang akan dibangun Bandara setelah mengalahkan tujuh wilayah lain di Jawa Timur.

"Rencananya proyek yang akan dikerjakan di Kabupaten Kediri bagian barat ini mencakup tiga wilayah kecamatan yaitu, Tarokan, Grogol dan Banyakan," jelasnya di Surabaya, Senin (2/9/2019).

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa ketimpangan di Jatim terjadi antara kota dan desa dan antara utara dan selatan. Sehingga percepatan pembangunan bandara Kediri ini diharapkan dapat menstimulir pertumbuhan ekonomi baik di sekitar bandara maupun akses ke berbagai destinasi wisata serta berkembangnya sektor perkebunan dan hortikultur di kawasan selingkar Wilis.

"Mudah-mudahan kehadiran pak Menko Maritim bersama tiga menteri lainnya dapat mempercepat dimulainya pembangunan bandara Kediri. Hal ini juga seiring dengan dimasukkannya salah satu dari tiga prioritas pembangun Jatim adalah selingkar Wilis. Maka dukungan bandara di Kediri akan mempercepat pengembangan selingkar Wilis, baik sektor wisata, UMKM, perkebunan, hortikultur maupun perikanan," jelas mantan Mensos ini. (Wahyu/bus)