Sabtu, 20 Juli 2019 | 18:39 WIB
Home > Hukum >
Terbukti Siarkan Berita Bohong, Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Bui
Kamis, 11 Juli 2019 | 17:45 WIB
-

Skalanews -Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada Ratna Sarumpaet.

Ratna dinyatakan hakim terbukti menyebarkan berita bohong soal penganiayaan yang dialaminya. Padahal diketahui, Ratna tidak mengalami penganiayaan namun menjalani operasi plastik.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Ratna Sarumpaet tersebut diatas telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitaan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat sebagaimana dalam dakwaan alternatif kesatu," kata Ketua Majelis Hakim, Joni saat membacakan vonis di PN Jaksel, Jln Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (11/7).

"Dua menjatuhkan pidana pada kepada terdakwa Ratna Sarumpaet oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 tahun," sambungnya lagi.

Ratna terbukti melanggar pasal pidana yang diatur dalam Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Tiga menetapkan lamanya masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Empat, memerintahkan agar terdakwa tetap dalam tahanan," pungkasnya.

Vonis tersebut diketahui lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan yang diberikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni 6 tahun penjara. (Frida Astuti/Bus)