Sabtu, 24 Agustus 2019 | 18:20 WIB
Home > Hukum >
Bachtiar Nasir Masih di Luar Negeri, Polri Pastikan Kasus TPPU Jalan Terus
Selasa, 16 Juli 2019 | 17:13 WIB
Bachtiar Nasir - [twitter]

Skalanews -Mabes Polri memastikan penyidikan kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dana Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) yang menjerat Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Ustaz Bachtiar Nasir tetap berlanjut.

"Semuanya masih berproses," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/7).

Disambung Dedi, saat ini Bachtiar Nasir masih berada di Arab Saudi. Penyidik masih terus melakukan komunikasi dengan tim kuasa hukum tersangka.

"Saya sudah tanya ke Bareskrim, semua kasusnya masih on progress. Artinya tetap berjalan. Tapi kalau misalkan yang bersangkutan ada di luar negeri ya mau bagaimana. Kita masih menunggu, komunikasi dengan pihak pengacara, terus dikomunikasikan dengan para penyidik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri telah menetapkan Bachtiar Nasir sebagai tersangka terkait kasus dugaan TPPU dengan pengalihan aset YKUS.

Bachtiar diketahui mengelola dana sumbangan masyarakat sekitar Rp 3 miliar di rekening YKUS. Dana tersebut diklaim Bachtiar digunakan untuk mendanai Aksi 411 dan Aksi 212 pada 2017 serta untuk membantu korban bencana gempa di Pidie Jaya, Aceh dan bencana banjir di Bima dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Namun penyidik menduga adanya pencucian uang dalam penggunaan aliran dana di rekening yayasan tersebut. (Frida Astuti/Bus)