Sabtu, 24 Agustus 2019 | 03:48 WIB
Home > Hukum >
Bentuk Timsus untuk Buru 3 Terduga Penyerangan Novel, Polri Kerahkan Seluruh Kekuatan
Kamis, 18 Juli 2019 | 21:43 WIB
-

Skalanews-Polri membentuk tim khusus (timsus) teknis untuk memburu tiga orang yang diduga terkait dengan penyerangan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Tim khusus tersebut dibentuk sebagaimana rekomendasi dari Tim Pencari Fakta (TPF) Novel Baswedan. Adapun tim tersebut itu akan dipimpin langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis dan diberi waktu enam bulan untuk mencari ketiga orang tersebut.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menerangkan, seluruh kekuatan yang dimiliki Polri akan dilibatkan dalam tim tersebut.

"Ada tim yang bersifat investigasi, konteksnya melakukan penyelidikan dan penyidikan. Dan juga ada bantuan yang sifatnya teknis untuk mendukung penyelidikan dan penyidikan tersebut. Semisal kalau di kepolisian ada bantuan teknis mulai dari Puslabfor, Inafis, Dokkes," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (18/7).

Meski memiliki waktu terbatas, Asep memastikan Polri akan berupaya mengungkap peristiwa penyerangan terhadap Novel yang sudah terjadi sejak 11 April 2017 silam tersebut.

"Satu hal yang paling penting adalah tugas utamanya menindaklanjuti dari rekomendasi yang sudah diberikan tim pencari fakta itu," pungkasnya. 

TPF dalam rekomendasinya meminta agar Kapolri membentuk tim teknis guna memburu tiga orang yang diduga terkait dengan penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

TPF menyebut ada dua peristiwa yang bisa dikaitkan dengan kasus Novel yakni, peristiwa 5 April 2017 dimana ada satu orang yang tidak dikenal mendatangi rumah Novel.

Kemudian pada tanggal 10 april 2017 ada lagi 2 orang yang tidak dikenal berada di tempat wudhu Masjid Al Ikhsan menjelang subuh pada 10 April 2017 atau sehari sebelum penyerangan Novel yakni 11 April 2017. (Frida Astuti/Bus)