Minggu, 19 Januari 2020 | 15:09 WIB
Home > Hukum >
Polri Dalami Video Viral Pemicu Kerusuhan di Manokwari
Senin, 19 Agustus 2019 | 15:58 WIB
-

Skalanews - Direktorat Siber Bareskrim Polri akan mendalami video viral berisi konten ujaran bernada rasis dan penghinaan terhadap warga Papua.

Diketahui video viral tersebut menjadi salah satu pemicu kerusuhan di Manokwari, Papua Barat.

"Video didalami dulu siapa orang dan oknum yang terlibat menyampaikan diksi dan narasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/8).

Dipastikan Dedi, polisi telah mengidentifikasi akun penyebar video tersebut di media sosial. Meski diketahui video tersebut sudah dihapus oleh pengunggah.

"Hasil pengecekan hari ini isi konten video tersebut sudah dihapus oleh pemilik akun tersebut. Tapi jejak digitalnya yang sudah viral di medsos itu akan sulit terhapus. Oleh karenanya siapa pemilik akun ini masih menunggu proses profiling dan dilacak Ditsiber Bareskrim Polri," sambungnya.

Menurut Dedi, akun tersebut telah menyebarkan video dengan narasi bernada provokasi seperti ada masyarakat Papua yang meninggal dalam kejadian di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Kemudian penahanan 43 mahasiswa Papua. Dalam video juga muncul ujaran diduga berbau rasis dan penghinaan ras. (Frida Astuti/Bus)