Kamis, 20 Februari 2020 | 10:12 WIB
Home > Hukum >
KPK Akan Serahkan Memori Kasasi Vonis Bebas Sofyan Basir ke MA
Kamis, 28 November 2019 | 13:37 WIB
Sofyan Basir - [deni hardimansyah/skalanews]

Skalanews - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyerahkan memori kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas vonis bebas yang dijatuhkan Pengadilan Tipikor kepada mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir.

"Rencananya JPU KPK akan menyerahkan memori kasasi untuk vonis bebas dengan terdakwa Sofyan Basir," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (28/11).

Dalam memori kasasi tersebut, Jaksa KPK menjelaskan keyakinannya atas tindak pidana yang dilakukan Sofyan Basir terkait perkara suap Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1.

Berdasarkan aspek formil, KPK menyatakan bahwa putusan Pengadilan Tipikor tidak bisa dikategorikan sebagai putusan bebas murni. Untuk meyakinkan Majelis Hakim Kasasi MA, KPK menyertakan bukti-bukti diantaranya rekaman sidang terkait perkara ini.

"Ada rekaman sidang juga yang akan dilampirkan karena itu untuk menunjukkan bukti bahwa di proses persidangan memang ada fakta-fakta yang sudah muncul yang kami duga terdakwa Sofyan Basir mengetahui apa kepentingan dari Eni Saragih untuk mengurus percepatan proyek PLTU Riau-1," pungkasnya. (Frida Astuti/Bus)