Senin, 15 Oktober 2018 | 17:56 WIB
Dituduh Fitnah, Aktivis IMM Purworejo Diamankan Polisi
Selasa, 12 Juni 2018 | 21:57 WIB
-

Skalanews - Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengamankan seorang aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Purworejo yang bernama Andi Maghfuri (24).

Andi diamankan terkait kasus fitnah terhadap Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Andi diduga telah melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan, hingga kini tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya masih meminta keterangan Andi.

"Ini masih proses pendalaman, apakah ada wujud (pidana) atau tidak," kata Adi kepada wartawan, Selasa (12/6).

Jika tidak terbukti melakukan fitnah dipastikan Adi pihaknya akan melepaskan Andi.

"Kalau tidak kita kembalikan, kalau ada kita proses penegakan hukum," pungkasnya.

Andi diduga melanggar UU ITE karena menjadi aktor dari akun twitter Piyungan Cyber. Kasus ini bermula saat Andi mengaku difitnah menjadi pengelola website piyungancyber.com yang memuat berita perselingkuhan Mentan dengan Bupati Pandeglang.

Adapun portal itu diduga mencatut nama Andi yang dituduh sebagai pemiliknya, yang mana sebenarnya pembuat portal itu @kakekdetektif yang sebelumnya sempat berdebat dengan Andi di Twitter.

Perdebatan Andi dan @kakekdetektif terjadi saat ada peretasan akun Muhammadiyah yang diduga dilakukan @kakekdetektif. Andi melalui kultwitnya lalu membongkar identitas @kakekdetektif. Tak lama muncul portal Piyungan Cyber dan di halaman utama portal tertulis nama Andi Maghfuri yang seolah-olah sebagai pemilik dan pengelola akun tersebut.

Dalam portal Piyungan Cyber itu terdapat berita-berita fitnah, termasuk fitnah perselingkuhan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita. Lantas, @kakekdetektif melakukan mensyen account polisi, seperti Mabes Polri agar portal itu diproses hukum. (Frida Astuti/bus)