Sabtu, 15 Desember 2018 | 02:33 WIB
Polrestabes Surabaya Amankan 6 Kg Sabu Asal Cina
Kamis, 11 Oktober 2018 | 05:33 WIB
Barang bukti 6 kg sabu yang diamankan beserta 2 kurir oleh petugas kepolisian Surabaya - [ist]

Skalanews - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan Unit III Reskoba Polrestabes Surabaya menangkap dua kurir sabu seberat 6 kg dari negara Cina. Dua pelaku tersebut antara lain Amir Mukhlis (40) warga Sidoarjo dan Mahid (20) warga Pasuruan.

"Pengirimannya melalui jalur darat dengan sistem terputus. Mereka berdua tak mengenal kurir yang mengirimnya dan mereka hubungannya paman dan keponakan. Dan ditangkap di sebuah perumahan di Sidoarjo," jelas Luki di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (10/10).

Dalam penangkapan, Luki menambahkan, polisi menyita 11 paket plastik berisi sabu seberat kurang lebih 55,49 gram. Dari pengakuan Amir, sabu ini akan diserahkan kepada pembeli, namun sebelum diserahkan ia lebih dulu ditangkap.

Polisi kemudian melanjutkan penggeledahan di rumah kontrakan Amir di Delta Regency Sidoarjo didapati 42 paket plastik berisi sabu dengan berat kurang lebih 6,2 kilogram dan disimpan dalam kopor.

Luki mengatakan dari catatan kepolisian, salah satu tersangka yaitu Amir Mukhlis pernah menjadi tahanan narkotika selama 15 tahun penjara dan juga pernah mendekam di Nusakambangan.

Dalam pengungkapan tersebut diamankan barang bukti antara lain 53 paket plastik berisi sabu dengan total 6,3 kilogram. Sebuah tas koper, satu unit handphone, dan kartu ATM BCA, sebuah timbangan besar, dan satu bendel plastik klip. (Wahyu/bus)