Jumat, 19 April 2019 | 11:34 WIB
Soal Kemungkinan Habib Bahar jadi Tersangka, Polri: Bisa Saja!
Kamis, 6 Desember 2018 | 15:09 WIB
-

Skalanews -Kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan terlapor Habib Bahar bin Smith sudah dinaikkan ke penyidikan oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Saat ini pendiri Majelis Pembela Rasulullah itu masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik. Lantas apakah status Habib Bahar akan dinaikkan dari saksi menjadi tersangka?

"Ada mekanisme, selama alat bukti cukup bisa saja (naik menjadi tersangka-red). Sekarang masih saksi," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Syahar Diantono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/12).

Diketahui dalam acara penutupan Maulid Arba'in di Gedung Ba'alawi, Palembang, Sumatera Selatan pada 8 Januari 2017, saat ceramah Habib Bahar menyebut Jokowi sebagai pengkhianat negara dan rakyat. Dia juga menyebut Presiden Joko Widodo sebagai 'banci'.

Adapun dalam pemeriksaan pertama ini, penyidik akan lebih fokus terkait dengan sangkaan tindak pidana UU No 40 tahun 2008 Pasal 16 juncto Pasal 4B angka 2.

"Tentang pembebasan diskriminasi ras dan etnis. Itu pemeriksaannya, undang undang itu," pungkasnya.[Frida Astuti/Bus]