Sabtu, 19 Januari 2019 | 07:59 WIB
Suara yang Sebar Hoaks Surat Suara Identik Milik Tersangka
Rabu, 9 Januari 2019 | 14:30 WIB
Hoax - [ilustrasi]

Skalanews - Pusat laboratorium forensik Bareskrim Polri memastikan rekaman suara (voice note) yang beredar luas di masyarakat tentang hoax 7 kontainer berisi surat suara tercoblos identik dengan suara milik Bagus Bawana Putra (BBP).

Dikatakan penyidik Puslabfor Kombes M Nuh, pihaknya menggunakan dua metode pengujian audio forensik untuk memastikan suara tersebut.

"Dari perekaman surat suara skor 99.2 persen dengan rasio 9,7 itu adalah very strong identification, kemudian rekaman suara 99,7 persen adalah tingkat kesamaan barang bukti dan dengan suara perbanding. Jadi sangat kuat mendukung identik suara BBP," kata Nuh di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (9/1).

"Jadi kesimpulannya, kesamaan suara yang beredar adalah 99 persen. Jadi sangat kuat bahwa voice berasal dari tersangka BBP," timpal Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Ditanya soal motif tersangka membuat dan menyebarkan informasi hoaks tersebut, dikatakan Dedi penyidikan masih dilakukan. Tersangka Bagus diketahui ditangkap pada 7 Januari di Sragen, Jawa Tengah.

"Kalau detail seperti itu masih di dalami karena proses pemeriksaan belum selesai," pungkasnya.(Frida Astuti/dbs)