Sabtu, 18 Januari 2020 | 01:40 WIB
Polri Usut Akun Anonymous @Opposite6890
Jumat, 8 Maret 2019 | 17:02 WIB
-

Skalanews - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri langsung turun tangan menelusuri akun Twitter @opposite6890 yang menyebarkan informasi bahwa Polri mengerahkan buzzer yang mendukung salah satu kandidat di Pilpres 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menegaskan akun tersebut hanyalah akun anonymous.

"Akun tersebut adalah akun yang tak bisa dipertanggungjawabkan yang tidak kredibel," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (8/3).

Ditegaskan Dedi informasi yang disebarkan akun twitter tersebut jelas bermuatan hoaks.

"Polri adalah institusi negara yang mengawal demokrasi dan mengamankan kontestasi Pemilu 2019 dengan prinsip netralitas yang utama. Serta menjamin proses Pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman, sejuk dan damai," sambungnya.

Disinggung soal pengakuan @Opposite6890 yang menyebut memiliki IP Address Mabes Polri, menurut Dedi IP Address bisa saja hasil retasan.

Kepemilikan IP Address Mabes Polri itu bisa diretas akun anonimus tersebut melalui Wifi di areal Mabes Polri.

Alasannya, wifi tersebut dapat diakses oleh masyarakat atau publik secara bebas yang berada di area atau wilayah Mabes Polri.

"Langkah-langkah progresif sudah dilakukan dit siber, akan memprofil identifikasi siapa yang memiliki akun @Opposite6890 sebagai akun anonymous.(Frida Astuti/dbs)