Kamis, 18 Juli 2019 | 20:06 WIB
JPU Tuntut Ratna Sarumpaet Penjara 6 Tahun
Selasa, 28 Mei 2019 | 16:32 WIB
-

Skalanews - Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan tuntutan 6 tahun penjara terhadap aktivis Ratna Sarumpaet.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ratna Sarumpaet dengan pidana penjara selama 6 tahun dikurang selama terdakwa menjalani tahanan sementara terdakwa," kata tim JPU Daroe Tri Sadono di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (28/5).

Menurut JPU, Ratna telah terbukti bersalah dengan menyiarkan berita bohong (hoaks) soal penganiayaan yang dialaminya. Belakangan diketahui yang dilakukan Ratna adalah operasi plastik dan bukannya dianiaya.

"Terdakwa Ratna terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan menyiarkan berita bohong dengan sengaja menerbitkan ke masyarakat," sambungnya.

Adapun hal yang memberatkan yakni Ratna Sarumpaet dinilai sebagai orang yang berintelektual, berusia lanjut, dan punya kemampuan public speaking, tetapi tidak berbuat baik. Perbuatan terdakwa membuat keresahan di masyarakat.

"Terdakwa juga dinilai berbelit-belit saat memberikan keterangan dalam sidang pemeriksaan beberapa waktu lalu. Terdakwa juga pernah dihukum," paparnya.

Sedangkan, hal yang meringankan yakni Ratna mau mengakui kebohongannya dan meminta maaf. Jaksa menilai Ratna telah terbukti melakukan keonaran dengan menyampaikan informasi bohong.

Oleh JPU Ratna dinyatakan melanggar pasal pidana yang diatur dalam Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.(Frida Astuti/dbs)