Kamis, 17 Oktober 2019 | 19:47 WIB
Polda Jatim Resmi Tetapkan Veronica Koman Sebagai Buronan
Sabtu, 21 September 2019 | 01:27 WIB
Irjen Pol Luki Hermawan - [ist]

Skalanews - Polda Jatim secara resmi telah mengeluarkan surat daftar pencarian 0rang (DPO/buronan) terhadap Veronica Koman sebagai tersangka kasus provokasi dan penyebaran informasi hoax sehingga terjadi kerusuhan di Papua.

Status buronan dikeluarkan setelah pihak Polda Jatim melakukan gelar perkara di Bareskrim dan Hubinter (Hubungan Internasional).

"Kalau anggota Polri (mengetahui, red) bisa langsung melakukan penangkapan atau upaya paksa," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Jumat (20/9/2019).

Mantan Wakil Kepala Baintelkam Mabes Polri ini mengatakan selain menerbitkan surat DPO, pihaknya juga mengirimkan red notice yang sudah dikomunikasikan dengan pihak Hubinter dan Interpol, KBRI serta Kemenlu.

Penetapan DPO itu, kata Luki Hermawan dilakukan setelah pihaknya melakukan upaya paksa dan melakukan penggeledahan di rumahnya yang di Jakarta.

"Kami masih selidiki dokumen-dokumen yang didapat dari penggeledahan," jelasnya.

Ditambahkan oleh Luki, selama ditetapkan sebagai tersangka, Veronica tak pernah sama sekali melakukan konfirmasi dan juga tak merespon panggilan pihaknya. Yang bersangkutan, sambung Luki hanya melakukan komunikasi dengan pihak Kemenlu.

"Kami sudah mendapat informasi itu," tandasnya. (Wahyu/bus)