Jumat, 18 Oktober 2019 | 11:41 WIB
Situs Kemendagri Sempat Diretas, Polri Turun Tangan
Senin, 23 September 2019 | 12:56 WIB
Peretas - ilustrasi -

Skalanews - Situs resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yakni www.kemendagri.go.id sempat diserang hacker sejak Minggu (22/9).

Ketika membuka situs resmi Kemendagri, muncul tulisan berwarna hijau dan merah dengan background hitam disertai gambar bertuliskan RIP KPK 2002-2019.

Tulisan pertama bertuliskan "Hacked By Security007". Lalu diikuti dengan beberapa tulisan "YOUR FILES IS MINE!!".

Selanjutnya tampak sebuah foto yang menggambarkan sebuah kuburan dengan nisan bertuliskan "RIP KPK 2002-2019".

Di bagian selanjutnya tertulis, "KAU ITU PEMIMPIN, YANG GAJI KAU ITU KAMI, SEHARUSNYA KAU MENURUTI APA KEINGINAN KAMI, BUKAN KEINGINAN MEREKA YANG BERDASI!!!

SUARA RAKYAT KAU BATASI, SEMUA KAU ANGGAP MAKAR DAN DISKRIMINALISASI, KAU HANYALAH BONEKA YANG DIIKAT TALI, TAK LEBIH DARI SEBUAH KOMEDI!!!!"

Saat ini laman situs resmi kemendagri.go.id telah kembali bisa diakses. Meski demikian, Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan menyelidiki hal ini.

"Informasi yang saya terima dari Cyber Bareskrim sudah dikomunikasikan dengan Kemendagri. Nanti Kemendagri akan membuat laporan secara resmi ke Bareskrim," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/9).

Setelah laporan resmi dibuat, baru Cyber Bareskrim akan menindaklanjuti ilegal akses yang diduga dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. (Frida Astuti/Bus)