Rabu, 26 Februari 2020 | 05:13 WIB
Diselingkuhi Jadi Alasan Istri Habisi Nyawa Hakim PN Medan Jamaluddin
Rabu, 8 Januari 2020 | 14:29 WIB
-

Skalanews - Motif pembunuhan terhadap hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin akhirnya terkuak.

Otak pembunuhan, yang juga istri Jamaluddin, Zuraida Hanum (41) diduga tega menghabisi nyawa suami karena cemburu diselingkuhi.

Zuraida memerintakan Jefri Pratama dan RF untuk mengeksekusi Jamaluddin.

"Ini baru dugaan yang akan dibuktikan penyidik, adalah masalah rumah tangga sehingga terjadilah kasus ini," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Rabu (8/1).

Dipaparkan Martuani, ZH dan Jamaluddin menikah pada 2011. Mereka lalu dikaruniai seorang anak perempuan.

Namun Jamaluddin diduga berselingkuh sehingga Zuraida berniat menghabisi suaminya itu dan meminta bantuan Liber J Hutasoit, namun ditolak.

Pada akhir 2018, Zuraida berkenalan dengan pelaku Jefri, karena anak mereka satu sekolah. Perempuan itu kerap mencurahkan isi hatinya kepada Jefri lalu berujung ikatan asmara antar keduanya.

Pada 25 November 2019, Zuraida dan Jefri bertemu di Coffee Town di Ringroad Medan untuk merencanakan pembunuhan terhadap Jamaluddin. Rencana itu kemudian diberitahukan kepada pelaku RF, rekan Jefri.

Dalam kasus ini, ada tiga yang jadi tersangka. Mereka adalah Zuraida Hanum (41), Jefri Pratama (42), dan Reza Fahlevi (29).

Ketiganya dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 jo Pasal 55 ayat (1) ke 1-e, 2-e, KUHP.

Jasad Jamaluddin sendiri diketahui ditemukan di dalam mobil Toyota Land Cruiser Prado, di perkebunan sawit di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Rame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat siang (29/11). (Frida Astuti/Bus)