Kamis, 20 Juni 2019 | 06:06 WIB
Ridwan Kamil dan Kawan-kawan Dilaporkan ke Bawaslu
Kamis, 10 Januari 2019 | 03:18 WIB
Azam Khan memperlihatkan bukti surat laporan ke Bawaslu - [bisma rizal/skalanews]

Skalanews - Koordinator Pelaporan Bela Islam (Korlabi) melaporkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beberapa Bupati di wilayah Provinsi Riau atas deklarasi dukungan kepada calon pasangan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin.

Menurut Wakil Ketua Korlabi, Azam Khan bahwa laporan dengan nomor: 02/LP/PP/RI/00.00/I/2019 ini untuk menjaga kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan Pemilu.

"Jangan sampai Bawaslu dan KPU ini menjadi sasaran publik karena dianggap tidak netral. Jadi kita berharap Bawaslu untuk berlaku adil," ujarnya saat jumpa pers di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/1) malam.

Azam menyebutkan, padangan publik atas ketidakadilan sudah terlihat nyata ketika pertemuan IMF di Bali. "Padahal itu pertemuan yang memberitakan bukan hanya media nasional saja tetapi internasional juga meliput. Mohon fair dong," katanya.

Dalam laporan tersebut, salah satu alat bukti adalah pemberitaan salah satu media nasional yang berjudul, "Kepala Daerah se-Riau Dukung Jokowi, Mendagri: Boleh.." berita itu dimuat pada 11 Oktober 2018.

Kemudian ada juga beberapa video yang menyiarkan Ridwan Kamil sambil mengacungkan simbol satu jari dalam kegiatan 'PKB Jabar Festival for 2019' yang digelar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, beberapa hari lalu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah Dahlan menegaskan setiap orang yang sudah menjadi kepala daerah wajib bersikap netral di hadapan masyarakat saat menjalankan aktivitas kedinasan baik saat hari kerja maupun saat libur.

Kalaupun akan ikut serta dalam kampanye, kata Abdullah, pihaknya meminta seluruh kepala daerah menaati seluruh kaidah dan ketentuan yang berlaku.

"Prinsipnya Bawaslu dalam posisi tidak tebang pilih terhadap siapapun yang melanggar aturan pemilu, termasuk kepala daerah sekalipun," tutur dia. (Bisma Rizal/bus)