Selasa, 12 November 2019 | 06:11 WIB
Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam 2019 Digelar di Bali
Selasa, 25 Juni 2019 | 18:33 WIB
Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia 2019 - [ist]

Skalanews - Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam 2019 akan digelar pada 19-21 Juli mendatang di Peninsula Island, Nusa Dua Bali.

Ini adalah pagelaran ketiga kalinya setelah sukses dengan dua pagelaran sebelumnya di Banyuwangi dan Prambanan Yogyakarta. Festival yang dikemas dengan lebih beragam serta mengandung unsur budaya yang lebih kental ini telah menyedot ribuan pengunjung setiap harinya.

Pagelaran budaya yang unik dan eksotik dari seluruh wilayah penunjang Taman Nasional dan Taman Wisata Alam dihadirkan pada Festival ini, untuk menggambarkan pentingnya perlindungan alam dan penghargaan budaya lokal.

Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam (FTNTWA) ini merupakan salah satu rangkaian acara dari road Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan diikuti oleh Taman-Taman Nasional dan juga Taman-Taman Wisata Alam yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Dikatakan Ketua Penyelenggara FTNTWA 2019, Dyan Syaheati bahwa Festival ini hadir memberikan alternatif lain dalam berwisata di tengah homogenitas objek wisata yang ditawarkan.

"Dalam festival ini akan banyak disajikan objek-objek wisata yang unik, menantang, mengedukasi dan memberikan pengalaman berbeda tanpa meninggalkan konsep pemanfaatan Taman Nasional sebagai pusat konservasi alam," ujar Dyan dalam keterangan tertulisnya kepada Skalanews, Selasa (25/6).

Dyan menambahkan mengangkat tema "Bijak berwisata alam" Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam tahun ini salah satu tujuannya adalah mensosialisasikan ekowisata khususnya keberadaan taman nasional, taman wisata alam dan wisata alam lainnya kepada masyarakat khususnya generasi muda.

"Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya yang sangat unik dan eksotik dari seluruh wilayah penunjang Taman Nasional, dan Taman Wisata Alam serta mempromosikan potensi budaya lokalnya, flora dan fauna, kekayaan alam, juga kreatifitas masyarakatnya (kerajinan tangan dan kuliner khas)," tambahnya.

Ia mengharapkan festival ini sebagai sarana untuk memperkenalkan secara lebih luas lagi dan juga sebagai sarana promosi wisata konservasi yang ada di Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan dunia.

Selama acara berlangsung festival ini didukung oleh beberapa kegiatan, diantaranya: National Park Travel Fair, Farmtrip 2019, Festival Film Pendek Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, Talkshow Konservasi dan Tren Wisata Alam, Pameran Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, dan Festival Tari Budaya Nusantara.

Penyelanggaraan FTNTWA ini diharapkan turut mendukung target percepatan akselerasi sektor pariwisata yaitu kunjungan 20 juta wisatawan manca negara (wisman) dan 275 juta wisatawan Nusantara (Wisnus) hingga tahun 2019.

Oleh karena itu pada penyelenggaraan FTNTWA ketiga pada 2019 di Bali ini, selain Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, FTNTWA akan menampilkan ekowisata lainnya yang ada di seluruh wilayah Indonesiaa, dengan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata seluruh Indonesia selaku pembina pengelolaan potensi pariwisata alam di wilayah kerjanya. (deddi bayu/bus/*)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar