Selasa, 11 Desember 2018 | 02:44 WIB
Jadi Traveler Bijak, Tekan Biaya Perjalanan dengan Tips Petualangan Hemat Ini
Kamis, 19 April 2018 | 19:13 WIB
Ilustrasi - [freepik.com]

Skalanews - Pariwisata Indonesia sedang 'panas-panasnya'. Selalu ada tempat wisata baru yang menarik minat traveler di berbagai penjuru Nusantara. Ada yang merupakan wisata alami, ada juga wahana dan taman bermain buatan. Semakin banyak akhirnya malah bikin traveler pusing, bingung harus pilih yang mana memanfaatkan tiket promo pesawat Traveloka.

Andaikan punya kekayaan yang nggah habis tujuh turunan, mungkin tempat-tempat liburan baru itu bisa kamu kunjungi semuanya. Tapi buat generasi millennial yang sedang mengejar karier, tentunya budget traveling harus dibagi dengan pengeluaran-pengeluaran lainnya. Akhirnya hanya ada sedikit uang tersisa untuk kebutuhan liburan kamu, bahkan terkadang nihil.

Kamu tentunya tidak mau hanya bisa bengong dan membayangkan traveling ke tempat-tempat indah yang sudah dikunjungi oleh temanmu, sebaiknya pelajari cara menjadi traveler bijak yang bisa membagi biaya perjalanan agar lebih hemat dan bukan sekedar impian lagi. Bagaimana caranya?

Teliti Dulu Destinasimu
Kenapa harus melakukan riset soal destinasi? Agar liburanmu jadi lebih efektif dan efisien. Begitu tiba di tempat tujuan, kamu tahu harus mencari tiket promo pesawat untuk memulai perjalanan dari mana, mencari akomodasi yang sesuai dengan budget, serta lama waktu liburan yang diperlukan. Apalagi dengan adanya teknologi internet, mencari informasi tentang destinasi wisata kini semudah menjentikkan jemari tangan.

Perhatikan Kondisi Cuaca
Liburan optimal adalah datang berkunjung di waktu yang tepat. Misal, kamu berpetualang ke daerah pantai tapi di musim hujan. Bisa-bisa malah seperti pindah tidur di hotel karena pantai dan kondisi hujan dan mendung itu kurang menarik. Ketahui juga bagaimana kondisi cuaca mempengaruhi ombak dan air laut. Pilih waktu terbaik saat ombak tenang, dengan air laut yang jernih. Tapi perlu diingat kalau di musim terbaik, segala sesuatunya menjadi lebih mahal daripada biasanya karena semakin banyak orang yang datang berlibur. Gunakan strategi khusus untuk mengatasi hal ini, misalnya dengan memilih penginapan yang murah dan menyewa kendaraan motor untuk memudahkan transportasimu.

Ikutan Open Trip
Open Trip adalah program liburan dari agen perjalanan yang saat ini sangat diminati oleh generasi milenial. Selain mengandalkan guide yang seumuran, harga yang ditawarkan juga relatif lebih hemat ketimbang paket liburan biasa. Selain itu kamu juga dapat bonus yang tida terduga. Biasanya Open Trip diikuti oleh kaum muda dan ini adalah kesempatan untuk menambah teman. Syukur-syukur ada yang cocok dan jadi jodoh kamu.


Perbanyak Koneksi di Komunitas Traveler
Perluas koneksimu dengan bergabung di forum atau komunitas pecinta traveling. Dengan semakin banyak teman, kamu dan dia bisa menjalin simbiosis mutualisme. Misalnya, dia bakal dengan senang hati menjadi tuan rumah yang menyambutmu dengan hangat saat kamu mampir ke kotanya. Begitu pula saat dia datang untuk berpetualang ke tempat asalmu, kamu bisa memberikan penginapan gratis sambil menemaninya menjelajahi kota. Ada hal penting yang harus dicatat. Berteman di media sosial dan kehidupan nyata memang menyenangkan, tapi ada baiknya kamu tetap waspada agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Lebih Banyak Wisata Gratis
Kalau budget terbatas, tidak perlu memaksakan diri untuk memilih destinasi-destinasi berbayar. Sebaiknya mampir ke tempat wisata yang bisa dikunjungi secara gratis meskipun kamu dapat uang lebih dari membeli tiket promo pesawat. Seperti nongkrong sambil menikmati momen-momen unik di alun-alun kota, menyusuri sudut-sudutpemukiman dari sebuah kota, atau pergi ke pantai yang bisa dinikmati secara gratis.

Untuk Sementara, Tolak Permintaan Oleh-Oleh
Kalau punya uang lebih, boleh membeli buah tangan untuk teman-teman. Tapi kalau budget pas-pasan, sebaiknya tolak setiap permintaan oleh-oleh. Lebih baik jujur di awal, daripada memberikan jani tapi pada akhirnya tidak bisa menepati dan membuat mereka kecewa. Selain itu, terlalu banyak oleh-oleh juga penyebab pembengkakan anggaran, belum lagi saat bagasi menjadi semakin berat dan membuat kamu harus membayar tambahan bagasi tersebut.

Menjadi bijak itu memang perlu belajar dari pengalaman. Cobalah untuk merasakan bagaimana berpetualang hemat agar kamu terbiasa jalan-jalan tanpa mengkhawatirkan isi dompet. Salah satunya, dengan berburu tiket promo pesawat. Semoga sukses jadi traveler bijak! [dbs/bus]


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar