Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20:19 WIB
Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Kakek dan Nenek
Selasa, 21 Mei 2019 | 23:34 WIB
Ilustrasi - [ist]

Skalanews - Meskipun sudah dewasa, lakukan beberapa hal yang menyenangkan agar tetap bisa menjaga hubungan baik dengan kakek dan nenek.

Waktu masih kecil, kamu mungkin selalu menunggu liburan sekolah agar bisa berlibur di rumah kakek dan nenek. Namanya anak kecil, pasti masih dimanja dan dipenuhi segala keinginannya. Belum lagi, di tempat tinggal kakek dan nenek banyak sekali area yang lapang untuk bisa kamu pakai bermain dengan saudaramu yang lain.

Semakin kamu beranjak dewasa, mungkin kamu sudah tidak lagi melakukan rutinitas main layang-layang di pematang sawah dengan kakek. Kamu juga tidak lagi menunggu nenek membawakanmu es kelapa muda segar ke pematang sawah saat matahari sedang terik.

Sekarang, hal yang bisa kamu lakukan untuk menyenangkan mereka mungkin terbatas membantu beli pln token saat kebetulan berkunjung.

Meskipun kamu sudah tidak bisa melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan dengan mereka, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar momen bersama mereka tetap menyenangkan.

1. Sering Mampir untuk Kunjungan Singkat
Hal ini mungkin merupakan saran yang standar untuk menjaga hubungan. Ya, tidak hanya dengan kakek atau nenek, kamu bisa tetap menjaga hubungan baik dengan siapa pun jika sering melakukan kunjungan tatap muka. Namun, kakek dan nenekmu lebih membutuhkan ini agar bisa merasa dicintai.

Beberapa temanmu mungkin sudah tidak sempat melakukan hal ini dengan kakek neneknya yang sudah tiada. Nah, perlu diingat bahwa kamu pun mungkin tidak punya banyak waktu untuk bisa menyenangkan mereka di sisa waktu hidupnya. Makanya, kamu harus bersyukur kalau kakek nenekmu masih ada.

Saat melakukan perjalanan dinas atau memang kebetulan melewati daerah rumahnya, sempatkanlah untuk sekedar mampir. Jika tidak bisa berlama-lama, belilah buah-buahan kesukaan atau camilan sehat, lalu sempatkan untuk sekedar datang untuk mengantar camilan. Mungkin intensitas pertemuan kalian tidak lama, tapi mereka akan senang karena kamu masih mengingat mereka.

2. Menyempatkan Panggilan Telepon
Sesibuk apapun kamu saat beraktivitas di kampus atau di kantor, sempatkanlah untuk melakukan panggilan telepon dengan kakek dan nenek. Mereka mungkin sesekali menelepon untuk menanyakan kabar.

Jika memang tidak sempat mengangkat karena sedang meeting, sempatkan untuk menelepon balik untuk sekedar bertanya, siapa tahu mereka membutuhkan bantuanmu.

3. Dengarkan Mereka Saat Bercerita
Kakek dan nenek mungkin sudah mulai pikun. Mereka mungkin menceritakan hal yang itu-itu saja saat kalian bercakap-cakap. Namun, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada punya teman bicara.

Nah, kalian cukup mendengarkan saja, tidak apa kalau harus memberikan respon yang sama, toh, mereka juga tidak ingat kalau sedang cerita hal yang sama.

Selain itu, mereka mungkin akan banyak mengeluh. Mulai susah tidur, sering pegal, tidak enak makan, dan hal-hal lain yang juga diceritakan berulang. Setidaknya, tunjukkan rasa simpati kalian dengan mendengarkan keluhannya. Akan lebih baik jika kamu bisa memberikan solusi untuk masalah kesehatan mereka.

Nah, beberapa hal sederhana tadi bisa menjaga kedekatanmu dengan kakek dan nenek. Meskipun hanya melakukan beberapa pertemuan singkat, mereka akan senang karena kehadirannya di dalam hidup kamu masih dianggap berharga. [adv/red]


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar