Sabtu, 24 Agustus 2019 | 18:20 WIB
7 Tips Kuat Berpuasa Meski Tidak Sahur
Rabu, 22 Mei 2019 | 11:13 WIB
Ilustrasi - [nu.or.id]

Skalanews - Lupa sahur saat bulan Ramadan memang sering terjadi, tapi jangan hanya karena lupa sahur kamu jadi membatalkan puasa.

Setiap orang yang mau berpuasa di bulan Ramadan memang dianjurkan untuk sahur saat dini hari. Namun sayangnya, rasa kantuk yang tak terkalahkan membuat sebagian besar orang akhirnya melewatkan sahur.

Padahal asupan makanan saat sahur berfungsi sebagai bekal energimu seharian. Lantas, bagaimana kalau terlewat sahur? Nah, supaya tetap kuat dan semangat berpuasa walau tidak sahur, ikuti tips berikut ini.

1. Tekadkan niat
Meskipun tanpa sahur, kamu masih tetap bisa berpuasa. Agar tidak lemas saat harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam, tekadkan niat yang kuat.

Bagaimanapun niat merupakan langkah awal setiap kamu akan melakukan sesuatu. Jika kamu memang sudah niat dengan kuat untuk berpuasa, kamu pasti bisa menjalani puasa dengan lancar meskipun tidak sahur.

2. Cari kesibukan
Waktu puasa akan cepat berlalu ketika kamu menyibukkan diri. Agar bisa melupakan rasa lapar dan haus, carilah kegiatan positif yang bisa membuatmu sibuk sepanjang hari.

Misalnya saja berburu tiket pesawat mudik. Mendapatkan tiket pesawat murah untuk mudik bukanlah perkara mudah sebab dibutuhkan usaha ekstra untuk mendapatkan harga terbaik.

Kalau masih belum dapat tiketnya, kamu bisa beli via url-address ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan hal yang kamu sukai, seperti membaca buku, nonton film, berolahraga, dan memasak.

3. Jangan lakukan pekerjaan berat
Cara agar tetap kuat berpuasa walau tidak sahur adalah menghindari pekerjaan berat. Pekerjaan berat di sini bukan hanya berupa kegiatan yang menguras fisik semata tapi juga kegiatan yang terlalu menyita banyak pikiran.

Namun, jika kamu sedang dihadapkan dengan deadline pekerjaan, cobalah lakukan semampumu. Bila dirasa sudah tidak kuat, beristirahatlah.

4. Tidur siang
Kalau punya kesempatan untuk tidur siang, luangkan sedikit waktu untuk beristirahat sejenak. Tidur dan istirahat yang cukup tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar tapi juga dapat membantumu menahan rasa lapar dan haus saat puasa.

Tidur siang di bulan puasa juga termasuk salah satu ibadah. Meski ibadah, bukan berarti puasa kamu hanya diisi dengan tidur dan malas-malasan karena bagaimanapun kamu harus tetap mengutamakan ibadah lainnya.

5. Perbanyak ibadah
Kamu tentu tahu kalau ibadah di bulan puasa akan berlipat pahalanya. Daripada bingung harus berbuat apa, lebih baik untuk memperbanyak ibadah.

Tadarusan di masjid, berbagi takjil kepada yang membutuhkan, atau melakukan hal positif lainnya adalah contoh ibadah yang dapat kamu kerjakan selama bulan Ramadan. Selain mendulang pahala, semua kegiatan ini akan membuat waktu puasa berlalu dengan cepat.

6. Hindari tempat yang panas
Jika tak ingin cepat lesu saat berpuasa, hindarilah tempat terbuka yang langsung terpapar dengan sinar matahari. Cuaca panas akan membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan.

Daripada jatuh pingsan dan akhirnya puasa jadi batal, lebih baik untuk berteduh di tempat yang sejuk.

7. Ingat tujuan dari berpuasa
Jangan hanya karena lupa sahur lantas kamu jadi lesu dan tidak bertenaga untuk melakukan rutinitas seperti biasa. Ketika lupa sahur, cobalah ingat kembali tujuan kamu berpuasa.

Tujuan mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya bisa dijadikan motivasi agar kamu lebih ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa. Ketahui juga manfaat puasa yang akan kamu dapatkan nantinya. Dengan begini, niscaya kamu akan lebih semangat untuk berpuasa.

Nah, sekarang kamu tidak perlu takut lemas lagi, deh, meskipun tidak tidak sahur. [adv/red]


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar